SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menuding Partai Golkar mempunyai strategi khusus terkait perubahan UU Pemilu. Partai Golkar dituding ingin membunuh partai-partai kecil dan menengah.

“Golkar bikin strategi khusus untuk membunuh partai-partai kecil dan sedang. Golkar kurang berukuwah dengan partai kecil dan sedang,” kata Ketua Fraksi PPP DPR, Hasrul Azwar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu dikatakan Hasrul dalam diskusi yang dihadiri pimpinan FPKS, PAN, FPKB di ruang FPPP, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/7).

Menurut Hasrul, strategi khusus yang dilancarkan Golkar terkait perubahan UU Pemilu adalah menaikkan ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) menjadi lima persen, memperkecil jumlah kursi dalam daerah pemilihan, dan memperbanyak jumlah daerah pemilihan.

Sekretaris FPAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan, besarnya PT tidak menjamin kestabilan politik pemerintahan. Menurutnya, stabilitas politik ditentukan oleh kesamaan ideologi partai-partai politik yang duduk di pemerintahan.

Selain itu, kata Yoga, PT yang terlalu tinggi akan banyak menghilangkan suara sah. “PT yang tinggi juga menghilangkan pluralisme dan kebhinekaan,” ujar Yoga.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya