SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Paguyuban Petani Lahan Pantai (PPLP) Kulonprogo mendukung program Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo terkait kebersamaan dan pemberantasan kemiskinan di wilayah pesisir. Meski begitu, PPLP mengaku tetap berkomitmen untuk memperjuangkan penolakan rencana penambangan pasir besi di wilayah tersebut.

Diakui Ketua PPLP Supriyadi, Rabu (11/1) malam, sekitar 500 warga PPLP menggelar mujahadah yang dihadiri Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo di Masjid Hidayatul Muhlisin, Garongan, Kecamatan Panjatan. Pada pertemuan itu, tambahnya, Bupati menjelaskan program yang akan dilakukan di wilayah tersebut meliputi bedah rumah, kesehatan warga, beasiswa bagi siswa keluarga miskin dan berprestasi, serta jaminan hidup bagi para lansia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau berapa jumlah rumah yang akan dibedah, siswa yang mendapat beasiswa, kami belum tahu. Belum ada kalkulasinya. Namun, kami warga di sini mendukung penuh program Bupati,” ungkap Supriyadi saat ditemui di kediamannya, Sabtu (14/1).

Disinggung soal sikap Bupati terhadap perjuangan PPLP menolak penambangan pasir besi, Supriyadi mengatakan bila orang nomor satu di Kulonprogo tersebut tidak akan gegabah menyetujui Amdal penambangan pasir besi. “Kata Pak Hasto akan mempelajari dulu segala aspek, potensi lingkungan, pertanian, ekonomi. Saya yakin Pak Hasto orang yang bijaksana dan mengetahui sikap dan tuntutan kami,” jelas dia.

Supriyadi juga menepis pandangan miring bila program-program pemerintah yang gencar dilakukan di wilayah pesisir, seperti bedah rumah, beasiswa maupun jaminan bagi lansia hanya menjadi ‘umpan’ agar suatu waktu warga bisa menyetujui penambangan pasir. Menurutnya, program Bupati saat ini berbeda dengan program warisan rezim sebelumnya itu.(Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya