Tutup Iklan

PPKM Level 4 Dilanjutkan, Insentif Tambahan Disiapkan

Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo memberikan harapan memberikan insentif tambahan selama PPKM Level 4 itu.

 Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah memutuskan memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat Level 4 hingga 2 Agustus 2021. Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo memberikan harapan memberikan insentif tambahan selama PPKM Level 4 itu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemerintah telah menyiapkan sejumlah insentif dan bantuan sosial kepada dunia usaha dan masyarakat selama pemberlakukan PPKM Level 4. Airlangga mengatakan pemerintah akan menambah bantuan berupa Kartu Sembako selama pemberlakuan PPKM Level 4 kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) senilai Rp200.000 selama dua bulan.

Pemerintah juga akan menambah bantuan Kartu Sembako kepada sebanyak 5,9 juta KPM yang merupakan usulan dari pemerintah daerah. “Ini merupakan usulan daerah dan ini ditambahkan besarannya juga Rp200.000,” katanya dalam konferensi pers virtual, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga: Singapura Batasi Ketat Pendatang dari Indonesia

Penyaluran bansos tunai akan diperpanjang untuk periode Mei dan Juni kepada 10 juta KPM dengan nilai sebesar Rp6,14 triliun. Penyaluran bantuan bansos tunai tersebut akan diberikan pada Juni ini.

Pemerintah juga akan memperpanjang masa pemberian subsidi kuota internet hingga Desember 2021 kepada sebanyak 38,1 juta penerima senilai Rp5,54 triliun.

Anggaran Kartu Prakerja pun akan ditambahkan sebesar Rp10 triliun, di mana Rp8,8 triliun dari total anggaran tersebut akan disalurkan sebagai bantuan subsidi upah kepada masyarakat terdampak di wilayah yang diberlakukan PPKM level 4 dan 3.

28,8 Juta KPM

Selain itu, Airlangga mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan beras 10 kg kepada 28,8 juta KPM. Tahap pertama akan disalurkan kepada 20 juta KPM dan tahap kedua kepada 8,8 juta KPM.

Airlangga menambahkan, pemerintah akan memberikan bantuan insentif berupa pajak pertambahan nilai yang ditanggung pemerintah (PPN DTP) kepada tenant di pusat perbelanjaan untuk periode sewa mulai Juni hingga Agustus 2021.

“Peraturan Kementerian Keuangan-nya sedang diproses, pemerintah juga akan memberikan insentif kepada beberapa sektor lain yang terdampak, seperti transportasi dan horeka [hotel dan restoran], sedang dalam finalisasi,” jelasnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Berita Terkini

Taliban Larang Pria Afghanistan Cukur Jenggot hingga Selfie

Taliban kembali mengeluarkan aturan baru yang wajib dipatuhi warga negara Afghanistan. Aturan itu melarang para pria di Afghanistan bercukur jenggot.

Polusi Udara Masuk Daftar Pembunuh Senyap

WHO mengingatkan jika melampaui pedoman kualitas udara yang baru dapat membawa risiko yang signifikan terhadap kesehatan.

Round Up: Isu Bahaya Komunisme Hingga Pabrik Pil Koplo di Yogya

Ditipidnarkoba Bareskrim Polri dan Polda DIY membongkar jaringan produksi dan peredaran obat-obatan ilegal atau pil koplo dari dua pabrik di wilayah Yogya.

Hutan Itu Indonesia Ajak Generasi Z Jaga Hutan

Hutan Itu Indonesia mengadakan Konser Segala Dalam Nada untuk mengajak anak muda di seluruh Indonesia melakukan #JagaHutan dalam rangka memperingati Hari Hutan Indonesia.

Guru SMK se-Indonesia Dapat Ilmu Otomotif dari Daihatsu

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melalui pilar Pintar Bersama Daihatsu memberikan pengetahuan kepada guru SMK se-Indonesia secara kontinyu.

10 Berita Terpopuler: Sirkuit Mandalika Hingga Nasib Terminal Kartasura

Kabar tentang Sirkuit Mandalika yang disiapkan untuk gelaran olahraga bergengsi taraf internasional menjadi berita terpopuler Solopos.com pada Selasa (28/9/2021).

Penemu Vaksin Sebut Virus Corona akan Berakhir Seperti Flu Biasa

Ilmuwan terkemuka yang juga penemu vaksin Oxford AstraZeneca, Dame Sarah Gilbert, mengatakan Covid 19 tidak mungkin menjadi lebih ganas.

Corona di Filipina Makin Horor

Rekor kasus dalam sehari itu membuat pandemi corona di Filipina makin horor.

Gatot Nurmantyo, Jenderal yang Aktif Ingatkan Isu PKI

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo identik dengan isu kebangkitan bahaya komunisme

Kasus Covid-19 Melonjak, Filipina Masih Mengkhawatirkan

Situasi Filipina masih mengkhawatirkan menyusul setelah kembali mencatat rekor kasus harian kasus Covid-19.

Respons Gatot Nurmantyo, Letjen Dudung: Itu Tuduhan Keji

Letjen Dudung menyebut ucapan Gatot Nurmantyo sebagai tuduhan keji.

Kala Azis Syamsuddin Disebut Bapak Asuh oleh Penyidik KPK

Azis Syamsuddin disebut bapak asuh oleh Robin.

Senat Soll, Dari Dipecat TNI hingga Meninggal Seusai Diamputasi

Polisi mengungkapkan kronologi kematian Senat Soll yang kesehatannya terus memburuk kemarin.

Lodewijk Paling Berpeluang Jadi Wakil Ketua DPR, Seperti Apa Sosoknya?

Lodewijk menjabat sekretaris jenderal Partai Golkar dan di DPR, dia duduk di Komisi Pertahanan.

Siapa Pengganti Azis, Partai Golkar Janji Umumkan Rabu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang akan mengantarkan langsung surat pengganti Azis Syamsuddin ke DPR.