PPKM Level 4 di Klaten: Alun-alun Boleh untuk Jualan, Penyekatan Jalan Protokol Masih Diberlakukan

Sejumlah kegiatan dilonggarkan setelah Klaten kembali masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 26 Juli-2 Agustus 2021.

 Penutupan ruas jalan di Klaten. (Istimewa - klatenkab.go.id)

SOLOPOS.COM - Penutupan ruas jalan di Klaten. (Istimewa - klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN – Sejumlah kegiatan dilonggarkan setelah Klaten kembali masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 26 Juli-2 Agustus 2021. Namun, penyekatan jalan masih diberlakukan.

Pelonggaran itu menyesuaikan ketentuan yang diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 24/2021 tentang PPKM Level 4 dan Level 3 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

“Sesuai Inmendagri ada beberapa pelonggaran. Misalnya bagi PKL, warung makan, atau pun angkringan yang di luar gedung atau tempat terbuka boleh buka sampai pukul 20.00 WIB. Boleh makan di tempat tetapi menggunakan protokol kesehatan dan dibatasi maksimal pengunjung makan di tempat tiga orang serta durasi makan maksimal 20 menit,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito, saat ditemui di Setda Klaten, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Tak Ada PHK, Karyawan di Kudus Terima 50% Gaji

Namun, untuk kegiatan kuliner restoran, kafe, dan rumah makan yang berlokasi di dalam gedung/toko tertutup hanya diizinkan melayani delivery/take away atau tidak menerima makan di tempat.

Kawasan Alun-alun Klaten juga mulai dilonggarkan. Mulai Senin malam, penutupan di kawasan alun-alun mulai dibuka dan diizinkan boleh untuk berjualan para PKL dengan batasan hingga pukul 20.00 WIB. Sebagai informasi, sejak diberlakukan PPKM darurat 3-20 Juli hingga pemberlakuan PPKM level 4 sampai 25 Juli 2021, kawasan Alun-Alun Klaten ditutup dari aktivitas termasuk jualan para PKL.

Meski diizinkan dibuka untuk berjualan hingga pukul 20.00 WIB, para PKL diminta menaati ketentuan jam buka. Sesuai ketentuan, para PKL boleh berjualan mulai pukul 15.00 WIB.

Soal penyekatan jalan, Ronny mengatakan dari rapat koordinasi penanganan Covid-19 yang digelar penyekatan masih diberlakukan. Termasuk penutupan ruas jalan protokol seperti Jl Veteran-Jl Pemuda (dari depan Masjid Agung Al Aqsho-Tugu Adipura) yang berlaku mulai pukul 16.00 WIB-05.00 WIB. “Dari polres menyampaikan untuk penyekatan tetap,” kata dia.

Disinggung pasar tradisional, Ronny mengatakan pasar tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari boleh beroperasi dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Baca Juga: Brabus Smart EQ Fortwo Racing Green Edition Hadir di 2023

Sesuai Instruksi Bupati No 10/2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 di Klaten, pasar tradisional dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen pengujung dan jam operasional sampai pukul 15.00 WIB.

Sementara, supermarket, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

Ronny mengatakan Klaten masih berada pada zona merah berdasarkan evaluasi mingguan. Angka kesembuhan menunjukkan tren peningkatan dengan angka penambahan relatif melandai. Namun, angka kematian masih tinggi.


Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Youth Edutech Festival 2021 Digelar Model Hybrid, Begini Konsepnya

YRP Solo mengadakan Solo Youth Edutech Festival 2021 mulai Selasa hingga Jumat menggunakan konsep hybrid, yakni secara virtual dan tatap muka langsung.

Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menonton film dokumenter tentang eks napiter yang berusaha kembali ke masyarakat saat berkunjung ke Sukoharjo.

PLTSa Putri Cempo Solo, Puluhan Kontainer Material Mulai Berdatangan

Investor pembangunan PLTSa Putri Cempo Solo mendatangkan puluhan kontainer material dari India, China, dan Austria.

Pekan Terakhir Solo Great Sale 2021, Banjir Promo Diskon hingga 50%

Sejumlah merchant memberikan beragam promo hingga diskon 50% pada pekan terakhir penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021.

Warga Lansia dan ODGJ Gandekan Solo Disasar Vaksinasi Covid-19 Keliling

Pemerintah Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo, bersama petugas Puskesmas Purwodiningratan melakukan vaksinasi Covid-19 keliling dengan sasaran warga lansia dan ODGJ.

Tips Hindari Teror Debt Collector Pinjol ala Bos Jasa Penagihan Solo

Bos perusahaan jasa penagihan Solo Giyatno membagikan tips cara agar terhindar dari teror debt collector pinjol yang dikenal kerap melakukan intimidasi.

Dari Olahan Singkong, Pengusaha Muda Ini Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

Pria asal Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom itu memulai usaha olahan singkong ketika masih kuliah di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2006.

Bupati Sukoharjo: Kartu Vaksin seperti KTP, ke Mana pun Wajib Dibawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyebut fungsi kartu vaksin Covid-19 saat ini sudah seperti KTP, ke mana pun wajib dibawa karena menjadi syarat akses ke berbagai tempat.

Apel Siaga Bencana, Bupati Boyolali Waspadai Bencana Alam dan Covid-19

 Said menekan pentingnya disiplin protokol kesehatan (prokes) kepada semua masyarakat guna menghadapi pandemi ini.

Mudah, Cukup Lakukan Ini Untuk Cegah Tertular Leptospirosis

Ada beberapa langkah mudah untuk mencegah terinfeksi leptospirosis. Utamanya adalah pola hidup bersih.

Gelap Gulita saat Malam, Jembatan Nambangan Wonogiri Butuh Penerangan

Jembatan senilai Rp12,952 miliar yang baru selesai dibangun itu tidak diberi lampu penerangan sehingga gelap gulita saat malam.

Kenali Bahaya Leptospirosis yang Tewaskan 3 Warga Karanganyar

Leptospirosis seringkali diagnosisnya disalahartikan dengan penyakit lain. Namun, pada beberapa orang yang terinfeksi, gejalanya bisa tidak terdeteksi.

Sri Mulyani Minta Produk UMKM Tampilkan Logo Klaten

Sri Mulyani meminta agar produk UMKM di Klaten menampilkan logo Kabupaten Klaten untuk mempromosikan produk unggulan daerah.

Jateng Empat Kali Jadi Provinsi Paling Informatif, Ini Komentar Ganjar

Ganjar menilai keterbukaan informasi publik ini tak sekadar hak namun juga bisa dijadikan pedoman.

Positif Covid-19, Pengantin Asal Klaten Malam Pertama di Tempat Isoter

Mempelai perempuan tersebut dinyatakan positif Covid-19 saat menjalani rapid test sehari menjelang akad nikah.