PPKM Level 3 Nataru Batal, Moeldoko: Pemerintah Pertimbangkan Ekonomi

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan pemerintah mempertimbangkan ekonomi terkait keputusan membatatlkan PPKM level 3 Nataru.

 Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay/pras)

SOLOPOS.COM - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay/pras)

Solopos.com, SOLO — Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko angkat bicara mengenai pembatalan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 di semua daerah saat libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2022. Moeldoko menegaskan kebijakan tersebut sudah dipikirkan matang dengan menyesuaikan perkembangan data terkini Covid-19.

“Tingkat penularan Covid-19 kita sekarang kan rendah, begitu pula tingkat kematiannya. Presiden Jokowi meminta kebijakan gas dan rem harus dilakukan sesuai perkembangan terbaru,” ujar Moeldoko saat ditemui wartawan di sela kunjungannya di Pusat Unggulan Ipteks (PUI)-PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (7/12/2021).

Promosi10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

Pemerintah mengklaim telah memutuskan kebijakan yang lebih proporsional saat Nataru dengan mengikuti situasi pandemi serta tetap memberlakukan beberapa pengetatan. Selain meredanya penularan corona, pelonggaran kebijakan didasarkan pada capaian vaksinasi dosis 1 di Jawa-Bali yang sudah mencapai 76% dan dosis 2 yang mendekati 56%.

Baca Juga: Ingin Sertifikat Halal Secara Gratis? Ikuti Program Sehati Kemenag Solo

Vaksinasi warga lansia terus digenjot hingga saat ini mencapai 64% dan 42% untuk dosis 1 dan 2 di Jawa-Bali. Lebih lanjut, Moeldoko tak menampik faktor ekonomi menjadi pertimbangan pemerintah dalam memutuskan pembatalan PPKM Level 3 Nataru.

Tetap Ada Pengetatan

“Sektor ekonomi harus bisa bergerak. Jadi begitu Covid-19 turun, [kebijakan] bisa dilonggarkan untuk ekonomi. Kalau [kasus Covid-19] naik ya [ekonomi] diturunkan [kebijakan diperketat kembali],” ujarnya.

Keputusan pemerintah yang mendadak membatalkan PPKM Level 3 pada Nataru belakangan dikritik sejumlah pihak. Pemerintah dinilai tidak belajar pada pengalaman saat kasus Covid-19 melonjak tajam seusai libur Nataru tahun lalu.

Baca Juga: Asale Tengkleng Khas Solo, Bukti Kreativitas Wong Cilik Zaman Old

Padahal pemerintah saat itu juga memberlakukan sejumlah pengetatan. Saat ini pemerintah juga menghadapi ancaman varian Omicron yang disebut lebih mudah menular dibanding varian Delta.

Menyikapi potensi lonjakan kasus, Moeldoko menegaskan pemerintah tetap menerapkan sejumlah pembatasan seperti kewajiban tes antigen bagi seluruh pelaku perjalanan jarak jauh. Selain itu, pemerintah membatasi operasional mal dan pusat keramaian lain.

Pemerintah juga mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat publik. “Jadi Presiden satu sisi memberi kelonggaran, tapi di sisi lain memberi penekanan terhadap penegakan protokol kesehatan,” ujar Moeldoko.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

+ PLUS 10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

Sepuluh orang prajurit TNI ditetapkan menjadi tersangka kasus penganiayaan dan penyiksaan penghuni kerangkeng manusia di rumah Bupai Langkat nonaktif, Provinsi Sumatra Utara, Terbit Rencana Peranginangin.

Berita Terkini

Covid-19 Sukoharjo Turun, Tetap Taat Prokes Saat Berkumpul Ya Lur...

Dalam data yang disajikan DKK Sukoharjo yang diperbarui pada Sabtu (21/5/2022) jumlah kasus aktif Covid-19 hanya tersisa tiga orang di seluruh kawasan di Sukoharjo.

Gara-Gara Ini, Seluruh Pasar Hewan di Wonogiri Ditutup Sementara

Seluruh pasar hewan di Kabupaten Wonogiri ditutup sementara selama dua pekan mendatang.

PPDB TK, SD, SMP Kota Solo Akan Dimulai Tanggal Ini, Siap-Siap Ya!

Tahapan penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang TK, SD, dan SMP di Kota Solo yang segera dimulai berlangsung secara online.

SDN 2 Bendo Pedan Gelar Karya Wisata, Ortu Siswa Wadul ke Disdik

Orang tua siswa SDN 2 Bendo, Kecamatan Pedan, mengajukan aduan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Senin (23/5/2022). Aduan tersebut terkait rencana studi wisata yang akan dilaksanakan SDN 2 Bendo.

Wanita Katolik RI Karanganyar Tambah 4 Ranting Baru

WKRI DPC Karanganyar membuka empat ranting baru yakni di Jenawi, Kebakkramat, Tasikmadu, dan Mojogedang.

Pemotor Knalpot Brong Diserang, Polisi Solo: Jangan Main Hakim Sendiri

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengingatkan masyarakat untuk tidak main hakim sendiri terkait ulah pemotor pengguna knalpot brong yang meresahkan.

Masuk 100 Besar SMA Terbaik Nasional, Ini Tanggapan SMAN 1 Klaten

SMAN 1 Klaten masuk dalam 100 SMA terbaik tingkat nasional.

Cek Lur, Diskumindag Sediakan Toko Online Khusus UMKM Sragen

Diskumindag Sragen meluncurkan toko online yang khusus diperuntukkan bagi pelaku UMKM lokal Sragen menjual produknya. Nama toko online tersebut adalah tukonisragen.com.

13 Sapi Terinfeksi PMK, Pasar Hewan di Wonogiri Ini Ditutup Sementara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menutup Pasar Pracimantoro selama dua pekan terhitung sejak, Selasa (24/5/2022).

Kisah Perjuangan Pengikut Diponegoro di Sejarah Waduk Mulur Sukoharjo

Waduk Mulur pernah direnovasi pada 1998, namun hal itu tak menghilangkan kesan produk kolonial Belanda dan masih tetap terjaga bentuk aslinya.

48 Los Untuk Pedagang Mebel Solo di Pasar Darurat, Ini Pembagiannya

Para pedagang mebel pindahan dari Gilingan menempati 48 los yang terbagi di dua lokasi di Jl DI Panjaitan dekat Pasar Legi Solo.

Gara-Gara Stiker Di Helm, Puluhan Pemuda Serang Muda-Mudi Di Solo

Puluhan pemuda diduga serang sepasang muda-mudi di Jl Ir Juanda, Jebres, Solo, beberapa waktu lalu, tiga pelaku tertangkap.

Pandemi Bikin Sejumlah Perpusdes di Wonogiri Semakin Sepi

Minat masyarakat Wonogiri berkunjung ke perpustakaan menurun drastis selama Pandemi-19.

Cegah Kecelakaan, Polres Karanganyar akan Ramp Check Sebulan Sekali

Satlantas Polres Karanganya akan melakukan ramp check sebulan sekali terhadap armada angkutan umum. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat kondisi armada yang tak laik jalan.

Sambut HUT ke-25, Solopos Salurkan Bantuan ke 15 Panti Asuhan

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25, Solopos menggelar sejumlah rangkaian kegiatan salah satunya bakti sosial.

Semrawut, Arus Lalu Lintas di Alun-Alun Karanganyar akan Diubah

Dishub Karanganyar akan mengubah arus lalu lintas di kawasan Alun-alun Karanganyar khusus Sabtu dan Minggu agar tak semrawut.