PPKM Jateng Jilid 2: Mal, Karaoke & Klub Malam Buka Sampai Pukul 20.00 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memastikan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM diperpanjang. Masa PPKM jilid kedua ini berlaku mulai besok, Selasa (26/1/2021) hingga 8 Februari 2021.

Meski demikian, Ganjar menyebut ada perbedaan peraturan pada PPKM jilid pertama dan kedua ini. Perbedaan yang paling kentara adalah pelonggaran operasional restoran, rumah makan, kafe, dan pusat perbelanjaan.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, PKL Pecel Lele di Karanganyar Terancam Masih Tak Bisa Jualan

Jika rumah makan, restoran, dan kafe yang semula dibatasi hingga pukul 19.00 WIB, kini diizinkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Setelah itu, tempat kuliner itu diizinkan beroperasi namun sebatas melayani pesanan atau take away.

“Untuk pusat perbelanjaan atau mal juga sampai jam 20.00 WIB, naik satu jam dari sebelumnya [pukul 19.00 WIB]. Destinasi wisata juga diminta melakukan pembatasan kunjungan maksimal 30% dan beroperasi hingga pukul 15.00 WIB. Jadi enggak ada piknik malam,” terang Ganjar saat ditemui wartawan, Senin (25/1/2021).

Baca juga: Geger! Tukang Cukur Madura di Grogol Sukoharjo Ditemukan Meninggal

Sedangkan untuk tempat hiburan malam seperti karaoke, warnet, dan pusat game online hanya diizinkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50% dari kapasitas yang ada selama PPKM jilid dua diberlakukan di Jateng.

Ganjar menambahkan, PPKM diterapkan guna menekan penambahan kasus Covid-19. Selama dua pekan menggelar PPKM, penanganan kasus Covid-19 di Jateng menunjukkan tren positif. Hal itu dibuktikan dengan tingkat keterisian ruang isolasi maupun ICU di Jateng yang mengalami penurunan.

"Alhamdulillah kalau melihat dari angka keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan, Jateng itu di angka 66,67% dan Bali 60,32%. Ini bagus, karena yang lainnya di atas 70%," kata Ganjar.

Baca juga: Weladalah! Warga Cianjur Terima Bansos Ayam Hidup dari Kemensos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom