Tutup Iklan
Anggota KPPS mencatat perolehan suara saat penghitungan suara Pemilu serentak2019 di TPS 77 Pondok Jaya, Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (17/4/2019). (Antara-Andika Wahyu)

Solopos.com, BOYOLALI -- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Simo, https://soloraya.solopos.com/read/20190429/492/988751/nyaleg-lewat-pdip-2-kades-diprediksi-jadi-anggota-dprd-boyolali" title="Nyaleg Lewat PDIP, 2 Kades Diprediksi Jadi Anggota DPRD Boyolali">Boyolali, harus menghitung ulang perolehan suara DPRD kabupaten untuk satu tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Wates.

Penghitungan ulang dikarenakan saat rekapitulasi di tingkat PPK data tersebut belum terakumulasi dengan data di TPS lain. Hal itu terungkap rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Minggu (5/5/2019).

“Akhirnya kami datangkan saksi dari kecamatan dan dihitung ulang di sini [saat pleno terbuka],” ujar Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Boyolali, Pardiman, saat berbincang dengan Solopos.com di sela-sela pleno, Minggu.

Akibatnya pembacaan sebagian hasil https://soloraya.solopos.com/read/20190428/492/988219/tiyono-caleg-dprd-boyolali-3-periode-dengan-3-partai-berbeda" title="Tiyono, Caleg DPRD Boyolali 3 Periode dengan 3 Partai Berbeda">rekapitulasi PPK Simo yang semestinya rampung Sabtu (4/5/2019) harus ditunda sehari hingga Minggu. Pembacaan hasil rekap PPK Simo itu menyela di antara jatah Kecamatan Klego dan Kecamatan Andong.

Lebih lanjut, di hari keempat perhitungan rekapitulasi suara masih diwarnai interupsi saksi parpol. Perhitungan di Kecamatan Klego misalnya, saksi PDIP menginterupsi lantaran jumlah suara untuk caleg DPRD Boyolali, Tiyono, tertukar dengan caleg dari partai yang sama bernama Suryanti.

Rekapitulasi untuk satu PPK rata-rata memerlukan waktu 1,5 jam-2 jam. Pardiman menambahkan secara umum proses penghitungan masih menghadapi kendala yang sama yaitu ketidakcocokan antara data yang dipegang antarsaksi parpol maupun perbedaan data dengan yang tertera dalam formulir DA1 dan C1.

Selain itu, di beberapa PPK masih terdapat perbedaan data antara jumlah DPT, DPTb, dan DPK. Pantauan Solopos.com hingga Minggu petang, KPU telah menyelesaikan perhitungan untuk 16 TPS.

Ketua KPU https://soloraya.solopos.com/read/20190427/492/988277/pemilih-nyoblos-di-psu-winong-boyolali-diperkirakan-tak-sebanyak-pemilu-17-april" title="Pemilih Nyoblos di PSU Winong Boyolali Diperkirakan Tak Sebanyak Pemilu 17 April">Boyolali, Ali Fahrudin, menambahkan perhitungan suara akan selesai Minggu malam ini dengan tiga PPK tersisa yaitu Kemusu, Wonosegoro, dan Juwangi. Meski molor dari jadwal semula hingga Sabtu (4/5/2019), waktu penghitungan masih tersisa hingga Rabu (8/5/2019).

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten