SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO-PPK Kartasura, Sukoharjo, telah menerima tiga jenis kotak suara yaitu untuk DPD, presiden, dan DPR. Sedangkan untuk DPRD provinsi dan DPRD kabupaten belum diterima.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kartasura, Bayu Sapto Nugroho, mengatakan hingga Jumat (12/4/2019) siang, pihaknya telah menerima tiga jenis kotak suara untuk Pemilu 2019. Tiga jenis kotak suara tersebut masing-masing kotak suara DPD, presiden, dan DPR.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kotak suara yang sedang dibongkar ini jenis kotak suara DPR. Jumlahnya sebanyak 275 unit sesuai jumlah tempat pemungutan suara di Kartasura,” ujar dia ketika ditemui di sela-sela menunggui pembongkaran kiriman kotak suara DPR di Kantor PPK Kartasura, Jumat.

Ekspedisi Mudik 2024

Sedangkan kotak suara DPRD provinsi dan DPRD kabupaten pihaknya belum menerima distribusi dari KPU Sukoharjo. Untuk kotak suara DPD dan kotak suara Presiden, kata dia, sudah dikirim Senin lalu.

Saat ini kotak suara yang telah diterima disimpan di kantor PPK Kartasura. Jumlah masing-masing jenis kotak yaitu 275 unit sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kartasura.

Menurut dia setiap TPS di Kartasura akan mendapatkan lima jenis kotak suara. Dia menjelaskan kotak suara ini akan didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Senin (15/4/2019).

Bayu megungkapkan isi kotak suara DPR yang diterima kemarin adalah surat suara, plano, dan segel berbentuk stiker. Dia menjelaskan saat menerima pengiriman kotak suara, sesuai prosedur pihaknya melibatkan berbagai pihak.

“Sesuai SOP ketika menerima kiriman logistik harus disaksikan rekan-rekan dari polri, TNI, dan juga panwascam. Elemen-elemen ini selalu kami libatkan,” papar dia.

Lebih lanjut dia membeberkan distribusi kotak suara ini dinilai penting sekali. Dia mengatakan pelibatan elemen-elemen tersebut akan selalu dilakukan. Diharapkan hal tersebut bisa selalu mendorong jalinan suasana pemilu berjalan dengan baik, aman, lancar tanpa ekses negatif baik sebelum maupun setelah pemilu. Sementara itu distribusi kotak suara dari kardus berwarna putih kemarin berjalan lancar. Kotak suara yang diangkut dua truk itu tiba menjelang Salat Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya