SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)- Jadwal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah-sekolah di Soloraya diusulkan untuk dilaksanakan secara serentak. Hal ini demi pemerataan siswa di semua sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rakhmat Sutomo, mengungkapkan dasar pemikiran  melaksanakan PPDB secara serentak karena pada hakikatnya semua sekolah sama. “Jadi setiap sekolah mempunyai kesempatan sama untuk mendapatkan siswa,” jelasnya saat ditemui wartawan di sela-sela acara pertemuan rutin Dewan Pendidikan se-Soloraya yang dilaksanakan di aula SMKN 2 Solo, Senin (26/9/2011).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Menanggapi usulan itu, Ketua Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Soloraya, Arif Suryono menyatakan kesepakatannya. Menurutnya kebijakan itu akan memberikan kesempatan yang sama kepada semua sekolah untuk mendapatkan siswa.

“Walaupun konsekuensinya mungkin ada sekolah yang nanti tidak dipilih siswa,” ujarnya.

Jika kebijakan ini diterapkan, terangnya, alternatif pilihan sepenuhnya diserahkan ke peserta didik. Sehingga calon pendaftar harus mengukur sendiri kemampuannya ketika akan memilih sekolah. Akan lebih baik lagi, katanya, jika PPDB dilaksanakan secara online.

Senada, Ketua Dewan Pendidikan Kota Surakarta (DPKS), Ichwan Dardiri, juga sepakat jika PPDB se-Soloraya dilaksanakan secara serentak. “Dengan demikian, nantinya tidak ada sekolah yang pendaftarnya membeludak, sementara sekolah lainnya kekurangan pendaftar,” ujarnya.

Rakhmat juga mengatakan Disdikpora rencananya akan menggandeng Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah pada pelaksanaan PPDB RSBI tahun 2012. Saat ini sudah dilakukan pembicaraan awal untuk merealisasikan rencana tersebut.

(ewt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya