SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendaftaran peserta didik baru (PPDB). (JIBI/Solopos/Dok.)

Sejumlah SMA swasta di Solo optimistis bisa menggaet banyak siswa baru pada tahun ajaran ini.

Solopos.com, SOLO—Jumlah pendaftar di SMA Batik 1 Solo dan SMA Muhammadiyah 1 Solo mencapai 50% lebih dari kuota kursi di masing-masing sekolah. Kepala SMA Batik 1 Solo, Literzet Sobri, mengatakan pada PPDB 2017 ini menerima 350 siswa untuk 10 kelas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sampai sekarang jumlah pendaftar yang diterima mencapai 85 persen,” kata dia kepada Solopos.com di ruang kerjanya di Jl. Slamet Riyadi Solo, Kamis (8/6/2017). PPDB 2017 dibuka sejak beberapa waktu lalu dengan proses seleksi one day service.

Dengan one day service, calon siswa yang datang langsung menyerahkan berkas administrasi kemudian mengikuti tes berbasis komputer yang telah disiapkan. Mereka harus mengerjakan soal IPA, matematika, dan bahasa Inggris dengan waktu 45 menit. Hasil tes akan keluar saat itu juga.

“Dari hasil nilai itu calon siswa dapat mengetahui diterima atau tidak di SMA Batik 1 Solo,” ungkap Sobri. Apabila calon siswa tidak diterima, masih diberi kesempatan mengulang tes satu kali lagi. “Untuk seleksi PPDB gelombang terakhir melalui hasil nilai ujian nasional calon siswa,” kata dia.

PPDB 2017 tidak melalui sistem online seperti tahun sebelumnya sehingga membawa dampak berkurangnya jumlah pendaftar. “Meski jumlah pendaftar berkurang, kami optimistis bisa mencapai kuota 350 siswa,” kata Sobri.

Terpisah, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Solo, Rahayuningsih mengungkapkan jumlah calon siswa yang mendaftar PPDB 2017 sebanyak 155 orang. Jumlah pendaftar tersebut sudah mencapai 50% lebih dari kuota siswa yang diterima sebanyak 252 orang. “Kami menerima tujuh kelas dengan kapasitas 36 siswa per kelas. Jadi totalnya 252 siswa,” jelas dia.

Pada PPDB 2017 ini, SMA Muhammadiyah 1 Solo menambah satu kelas dari tahun sebelumnya yang hanya enam kelas karena tingginya minat warga. “Kami masih membuka pendaftaran, tapi kalau sudah terpenuhi kuotanya ya ditutup,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya