SOLOPOS.COM - ilustrasi (Desi Suryanto/Harian Jogja/JIBI/dok)

ilustrasi (Desi Suryanto/Harian Jogja/JIBI/dok)

SOLO–Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD plus yang ditujukan bagi siswa tak mampu, terancam salah sasaran. Pasalnya saat pendaftaran, tidak ada keharusan menyertakan surat keterangan tidak mampu.

Promosi BRI Lakukan Penyesuaian Jam Operasional Selama Ramadan, Cek Info Lengkapnya

Kepala SDN Mangkuyudan Nomor 2 Solo, Mariyanto, mengungkapkan mulai tahun ini SD yang ia pimpin ditunjuk sebagai SD plus.

Ekspedisi Mudik 2024

Oleh karena itu pendaftaran siswa baru sudah dimulai Rabu-Jumat (27-29/6). Bagi siswa yang mau mendaftar, diharuskan menyerahkan kartu keluarga dan akte kelahiran. Soal surat keterangan tidak mampu, menurutnya hal itu tidak harus disertakan saat pendaftaran.

“Berdasarkan surat edaran dari dinas, untuk pendaftar SD plus tidak harus mencantumkan surat keterangan tidak mampu,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (28/6/2012).

Hingga Kamis siang, terangnya, jumlah pendaftar sebanyak 46 orang. Padahal kuotanya 32 siswa. Karena jumlah pendaftar melebihi kuota, sekolah akan mengadakan seleksi berdasarkan usia, jarak rumah dan sekolah dan kecepatan mendaftar. Ada tidaknya surat keterangan tidak mampu, tidak jadi pertimbangan diterima tidaknya seorang siswa.

Terlebih, katanya, waktu antara pendaftaran dan pengumuman siswa yang diterima, sangat mepet. Sabtu (30/6), sekolah sudah harus mengumumkan siswa yang diterima. Menurutnya jika ada keharusan mencantumkan surat keterangan tidak mampu (SKTM(, kemungkinan calon pendaftar tidak bisa memenuhi karena mepetnya waktu. Jika sekolah akan mengadakan home visit sebelum pengumuman siswa yang diterima, juga tidak memungkinkan karena mepetnya waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya