SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendidikan. (Solopos/Wishnu Paksa)

Solopos.com, KLATEN — Penerimaan peserta didik baru atau PPDB SMP negeri di Klaten yang digelar secara online bakal dibuka pada 12-15 Juni 2023. Ada empat jalur pendaftaran pada PPDB SMP tahun ini.

Keempat jalur pendaftaran itu meliputi jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi. Untuk jalur zonasi, berkas yang harus dipersiapkan yakni kartu keluarga, akta kelahiran, SKL/ijazah/surat keterangan PPDB/program paket A, pas foto 3 x 4.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kemudian surat keterangan dari Dinas Pendidikan bagi kartu keluarga di luar kabupaten dan lulusan SD di Kabupaten Klaten, serta akta kematian kedua orang tua bagi calon peserta didik yatim piatu.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada jalur afirmasi, berkas yang harus disiapkan calon peserta didik SMP di Klaten meliputi kartu keluarga, akta kelahiran, SKL/ijazah/surat keterangan PPDB/program paket A, pas foto 3 x 4, PKH/KIP/KKS yang dibuktikan surat keterangan dari Disssos P3APPKB dilampiri fotokopi KTP dan KK.

Kemudian untuk penyandang disabilitas fisik dibuktikan surat keterangan dari Dissos P3APPKB Klaten dilampiri surat keterangan tidak layak didik dari dokter, yatim piatu yang belum terdaftar dalam DTKS dibuktikan dengan surat keterangan dari Dissos P3APPKB dilampiri akta kematian orang tua dari Dinas Dukcapil.

Jalur berikutnya yaitu perpindahan orang tua, berkas yang harus disiapkan meliputi kartu keluarga, akta kelahiran, SKL/ijazah/surat keterangan PPDB/program paket A, pas foto 3 x 4, surat keterangan pindah tugas orang tua dari Dinas Pendidikan (bagi orang tua yang pindah tugas).

Lalu surat keterangan anak petugas Covid-19 dari Dinas Kesehatan (bagi orang tua sebagai petugas Covid-19), surat keterangan dari Dinas Pendidikan bagi anak pendidik dan tenaga kependidikan yang mendaftar di tempat orang tuanya bertugas.

Terakhir, jalur prestasi, berkas yang harus disiapkan meliputi kartu keluarga, akta kelahiran, SKL/ijazah/surat keterangan PPDB/program paket A, pas foto 3 x 4, piagam dan surat keterangan konversi nilai piagam (bila ada).

Seluruh berkas persyaratan untuk berbagai jalur pendaftaran dibuat dalam bentuk gambar atau pdf dengan ukuran file maksimal 1 MB. Akses pendaftaran melalui http://klaten.siap-ppdb.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya