PPDB Jateng 2021 Dibuka 21 Juni, Ini Alur Pendaftarannya

Disdikbud Jateng akan membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 SMA dan SMKN mulai 21 Juni 2021. Anak tenaga kesehatan masih mendapat prioritas.

 Ilustrasi penerimaan peserta didik baru. (JIBI/Harian Jogja)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerimaan peserta didik baru. (JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, SEMARANG – Pemprov Jateng akan membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMA dan SMK negeri tahun pelajaran 2021/2022 mulai 21 Juni nanti.

Calon peserta didik baru yang ingin mendaftar diimbau lebih dulu mengakses situs publik PPDB dengan alamat https://ppdb.jatengprov.go.id. Melalui laman itu, calon peserta didik bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai jadwal hingga alur pendaftaran PPDB.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Hari Wuljanto, mengatakan pihaknya kembali memberikan prioritas kepada anak tenaga kesehatan (nakes). Begitu juga bagi anak tenaga pendukung yang menangani langsung pasien Covid-19.

"Dan yang melakukan pengamatan atau penelusuran kasus Covid-I9 dengan kontak langsung pasien dan/atau orang dengan kasus Covid-19," ujar Hari dalam keterangan resmi, Rabu (19/5/2021) malam.

Sementara itu, berdasar petunjuk teknis PPDB SMA dan SMK negeri Jateng 2021/2022, untuk pedaftaran SMA ada beberapa jalur. Antara lain melalui jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi, hingga jalur perpindahan tugas pekerjaan orang tua.

"Sementara SMK tidak menerapkan jalur, namun menggunakan sistem seleksi. Yakni seleksi dari keluarga miskin atau putra putri tenaga kesehatan, seleksi domisili jarak terdekat, hingga seleksi jalur prestasi," terang Hari.

Hari menambahkan pendaftaran PPDB inklusi dan Kelas Khusus Olahraga (KKO) dibuka sejak 20-24 Mei 2021. Adapun jadwal hingga alur pendaftaran PPDB SMA/SMK lengkap, yakni penetapan zonasi 21 Mei 2021, publikasi PPDB 21 Mei-16 Juni2021, verifikasi berkas pendaftaran dan penerimaan token 14 Juni-19 Juni 2021, pendaftaran 21 Juni 2021 mulai pukul 07.00 WIB-23.59 WIB dan ditutup 24 Juni 2021 pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya, evaluasi, pemeringkatan, dan penyaluran tanggal 25 Juni-26 Juni 202l. Pengumuman hasil seleksi tanggal 26 Juni 2021 selambatnya pukul 23.55 WIB. Daftar ulang tanggal 28 Juni - 2 Juli 2021, awal tahun ajaran baru 2021/2022 tanggal 12 Juli 2021.

Tata Cara

Hari melanjutkan, pendaftaran dilakukan secara online.  Dimulai dengan membuat akun di situs resmi PPDB Jateng di https://ppdb.jatengprov.go.id/. Adapun tata cara pendaftaran PPDB online SMA/SMK Jateng, yaitu calon peserta didik melakukan pengajukan akun dengan mengakses situs tadi.

Kemudian, calon peserta didik memasukan kata kunci yarg meliputi: NISN, NIK, dan tanggal lahir. Jika data telah sesuai dengan kata kunci, calon peserta didik mengunggah pakta integritas. Selanjutnya melakukan persetujuan pengajuan akun. Dilanjutkan dengan mencetak bukti pengajuan akun yang didalamnya tertera nomor peserta dan token.

Sedangkan untuk aktivasi akun, lanjut Hari mengacu juknis PPDB, calon peserta didik mengakses situs publik PPDB dengan alamat https://ppdb.jatengprov.go.id/ pada laman "Aktivasi". Langkah berikutnya, memasukkan nomor peserta dan token yang telah diperoleh dari proses, dan dalam pengajuan akun calon peserta didik melengkapi alamat email (optional).

Langkah terakhir, calon peserta didik membuat kata kunci (password). "Kata kunci ini akan digunakan ketika masuk/login ke situs PPDB," jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kemenperin Minta Pabrik Rokok Segera Serap Tembakau Petani Temanggung

Petani tembakau di Temanggung telah mengalami panen raya, namun hasilnya belum terserap secara maksimal oleh pabrik.

Senggol Bodi Truk, Pengendara Motor di Grobogan Tewas

Seorang pengendara motor meninggal dunia setelah berupaya menyalip truk di depannya di jalan lingkar utara Grobogan.

Warga Blora Senang Diajari Buat POC dan Pestisida Nabati oleh KKN UNS Tim 28

Mahasiswa KKN UNS Tim 28 mengajarkan pembuatan pembuatan pupuk organic cair (POC) dan pestisida nabati di Dukuh Beran, Randublatung, Blora.

Masuk Mapolda Jateng Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi tidak hanya tamu namun juga seluruh anggota polisi yang masuk ke Mapolda Jateng.

Murah Meriah! Tiket Masuk Grand Canyon Versi Hitam di Pekalongan Cuma Rp5.000

Disebut sebagai Black Canyon dikarenakan tebing-tebing yang mengapit ini ini terdiri dari batu-batu berwarna hitam yang menjulang tinggi

Polda Gelar Operasi Patuh Candi 2021, Tapi Aparat Tidak Boleh Melakukan Razia

Kapolda Jateng memastukan Operasi Patuh Candi 2021 dilakukan secara humanis, tak ada penindakan.

Profil Yuliyanto, Wali Kota Salatiga yang Gantengnya Mirip Aktor Hong Kong

Inilah profil Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, yang berparas tampan dan dinilai mirip aktor Hong Kong.

Setahun Pandemi, Pelanggaran Lalin di Jateng Turun 87,7%

Kapolad Jateng menyebut angka pelanggaran lalu lintas selama masa pandemi Covid-19 menurun signifikan. Di sisi lain, Polda Jateng kembali menggelar Operasi Patuh Candi 2021 hingga 30 Oktober 2021

Potret Megah Istana 81 Ha Milik Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang

Berikut ini terdapat potret megah istana yang dulunya seluas 81 ha milik Oei Tiong Ham di Semarang, konglomerat pertama Asia Tenggara.

1.954 Peserta Perebutkan 235 Formasi di Seleksi CPNS Salatiga

Sebelum menggelar tes, panitia menggelar simulasi untuk memastikan kesiapan panitia dalam menghadapi ribuan peserta.

Nikmatnya Glotak Tegal, Makanan Unik Khas Kota Bahari, Pernah Coba?

Glotak adalah salah satu kuliner khas Tegal yang dibuat dari gembus atau ampas kedelai yang dimasak dengan beragam bumbu pedas dan juga kaldu.

Jangan Lupa Cicipi Pindang Tetel Jika Singgah ke Pekalongan

Kuliner Pekalongan berupa pindang tetel menjadi sajian yang wajib Anda cicipi ketika bertandang ke sana, karena rasanya yang lezat tiada duanya.

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976, cucu abdi dalem Mangkunegaran Solo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batang.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Dukung Herd Immunity, PDIP Grobogan Gelar Vaksinasi Gratis

Kegiatan vaksinasi yang digagas DPC PDIP Grobogan dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan menyasar 1.000 warga.

Mesin ATM Bank Jateng di Kota Semarang Dibobol, Rp849 juta Raib

Peristiwa pembobolan ATM milik Bank Jateng terjadi di sebuah minimarket di Jalan Raya Plalangan Gunungpati, Semarang.