SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelaksanaan PPDB Online (Dok/Solopos)

SMAN dan SMKN di Solo membuka pendaftaran murid baru tapi sekolah swasta sudah.

Solopos.com, SOLO – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Solo belum membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019. Di sisi lain beberapa SMK dan SMA swasta sudah menerima pendaftaran PPDB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu diungkapkan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Solo, Suratno, dan Sekretaris MKKS SMA Solo, Agung Wijayanto, secara terpisah kepada , Selasa (6/3/2018).

Menurut Suratno, saat ini masih dalam tahapan sosialisasi teknis pelaksanaan PPBD tahun 2018/2019. “Pelaksanaan PPDB masih sekitar akhir tahun ajaran [Juli],” katanya.

Sistem PPBD, lanjut dia, menggunakan online sehingga calon siswa tidak perlu mendaftar langsung ke SMKN yang dipilih. “Kami masih menunggu petunjuk pelaksana [juklal] PPDB online dari Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Suratno.

Mengenai informasi mulainya pendaftaran SMKN Jawa Tengah 2018, ternyata itu adalah sekolah vokasi milik Pemerintah Provinsi Jateng. SMKN Jawa Tengah yang menerapkan sistem asrama (boarding) tersebut tidak memungut biaya pendidikan bagi siswanya. Saat ini, terang dia, ada tiga SMKN Jawa Tengah yakni di Semarang Pati, dan Purbalingga.

Sementara itu, Sekrataris MKKS SMA Solo, Agung Wijayanto, mengungkapkan dalam waktu dekat baru akan dilakukan bimbingan teknik untuk operator PPDB yang menggunakan online.

Dia mengungkapkan PPDB SMAN 2018 menggunakan sistem zonasi yang dibagi menjadi zona yakni zona 1, zona 2, dan luar zona (1 dan 2). “Sistem zonasi PPDB SMAN masih menungggu petunjuk teknik [juknis] dan Peraturan Gubernur Jawa Tengah,” imbuh Agung.

Sedangkan beberapa SMK dan SMA swasta di Solo diketahui telah membuka pendaftaran PPDB 2018. SMK Al Islam Solo telah membuka pendaftaran gelombang pertama pada 25 Desember 2017 sampai 31 Maret 2018. “Kami memang telah menerima pendaftaran PPDB. Sudah ada calon siswa yang mendaftar, “ ungkap Kepala SMK Al Islam Solo, Saefuddin Aziz.

Ketua PPDB SMA Muhammadiyah 1 Solo, Evi Ariyanto, mengatakan sejak Februari lalu sudah membuka pendaftaran siswa baru secara online. Menurut dia, sudah ada puluhan siswa dari Solo dan daerah sekitarnya seperti Klaten, Sukoharjo, dan Karangnyar telah mendaftar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya