SOLOPOS.COM - Kepala MAN 1 Solo, Slamet Budiono (kanan), menyerahkan kenang-kenangan kepada Kepala MAN 2 Kulon Progo DIY, Anita Isdarmini, yang melakukan studi banding ke MAN 1 di Jl. Sumpah Pemuda Solo, Jumat (9/2/2018). (Insetyonoto/JIBI/SOLOPOS)

MAN 1 Solo membuka SNPDB Program Keagamaan.

Solopos.com, SOLO—Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Solo membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Program Keagamaan (PK) 2018. Kepala MAN 1 Solo, Slamet Budiono, mengatakan pendaftaran PK dilakukan secara online pada 1-28 Februari 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Di Indonesia hanya ada 10 MAN PK, salah satunya MAN 1 Solo. Pendafataran SNPDB MAN PK terintegrasi dengan Kementerian Agama yang dibarengkan dengan pendaftaran MAN Insan Cendekia,” katanya kepada Solopos.com seusai menerima kunjungan studi banding MAN 2 Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di MAN 1 di Jl. Sumpah Pemuda Solo, Jumat (9/2/2018).

Kunjungan studi banding MAN 2 Kulonprogo yang diikuti 50 siswa dan guru dipimpin kepala sekolah, Anita Isdarmini. MAN PK dan MAN Insan Cendekia merupakan model madrasah unggulan di Indonesia. (baca: PPDB 2018: Calon Siswa Gakin Harus Daftar SMAN di Solo Sesuai Zonasi)

Ekspedisi Mudik 2024

MAN PK adalah madrasah yang memiliki peminatan keagamaan berbasis asrama. Budiono menambahkan dalam SNPDB 2018 ini hanya menerima 48 siswa PK yang terdiri atas 24 pria dan 24 perempuan.

“Para siswa tinggal di asrama yang disediakan sekolah selama mengikuti pendidikan,” kata mantan Kepala MAN 2 Solo ini.

Proses pendaftaran MAN PK, sambung dia, dilakukan secara online dengan mengakses laman https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2018.

Sedangkan seleksi berkas pendaftaran dilakukan pada 2-3 Maret 2018. Pada 15 Maret 2018, ada pengumuman pendafatar yang lolos mengikuti ujian tertulis. Kemudian pada 24 Maret 2018 digelar tes berbasis komputer dengan pengumuman pada 18 April 2018.

“Selain Program PK kami juga membuka pendafataran peserta didik baru [PPDB] boarding school, regular, full day. Keterangan PPDB bisa kunjungi website http.mansurakarta.sch.id,” papar Budiono.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Anita Isdarmini, mengatakan tujuan studi banding adalah silahturahmi dan ingin mengetahui pengelolaan asrama siswa boarding school di MAN 1 Solo.

“Kami baru tahun lalu [2017] ada program boarding school sehingga perlu belajar. Rencananya mengirimkan beberapa siswa belajar dan tinggal di asrama MAN 1 Solo agar bisa mengetahui kebutuhan asrama siswa,” beber perempuan berhijab ini.

Budiono menyambut baik kunjungan MAN 2 Kulonprogo karena dapat saling berbagi dan bertukar informasi demi kemajuan masing-masing sekolah.

“Apabila ditindaklanjuti dengan pertukaran siswa lebih baik,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya