SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPDB di Kota Jogja. (JIBI/Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Sleman bisa mulai dilakukan pada 3 Juli

 
Harianjogja.com, SLEMAN-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Sleman bisa mulai dilakukan pada 3 Juli mendatang meski menerapkan sistem online real time. Calon siswa bisa melakukan pendaftaran secara manual dahulu untuk diverifikasi kemudian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Arif Haryono menjelaskan jika calon siswa bisa mengisi data diri serta pilihan sekolah di laman online dengan datang ke sekolah pilihan.

“Real time online bisa dengan 2 sistem salah satunya mandiri dengan isi sendiri di halaman pendaftarannya,”ujarnya kepada wartawan, Selasa(20/6/2017).

Kemudian, calon siswa tersebut tinggal melakukan verifikasi pada periode tanggal 10 sampai 12 Juli. Siswa melakukan verifikasi dengan menunjukkan tanda bukti pengajuan pendaftaran yang telah dicetak.

Tanda bukti tersebut memuat kode verifikasi sebagai bukti telah mengajukan pndaftaran sebelumnya. Bukti tersebut yang kemudian diberikan kepada petugas PPDB sekolah untuk mendapatkan tanda pendaftaran dan kemudian diproses lebih lanjut.

Setiap siswa bisa mengajukan 2 opsi sekolah yang dipilih. Adapun, proses verifikasi bisa dilakukan di salah satu sekolah pilihan. Selain itu, PPDB dengan sistem offline bisa dilakukan dengan cara-cara pada tahun sebelumnya.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Sleman Ery Widaryana mengatakan pendaftaran siswa SMP akan dilaksanakan pada 10 hingga 12 Juli mendatang.

Adapun, sekolah-sekolah yang hingga tanggal 17 Juli mendatang belum dapat memenuhi daya tampungnya dipersilahkan menerima siswa hingga tahun ajaran baru dimulai

Pendaftaran siswa akan dilakukan terpusat melalui laman online yang bisa dipantau oleh tiap orang tua murid. Setiap calon siswa bisa memasukkan 2 pilihan sekolah ke sistem penerimaan tersebut dan kemudian mengecek prosesnya.

Sistem ini juga secara otomatis akan memindahkan siswa ke sekolah berikutnya jika terlempar dari seleksi sekolah yang dituju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya