SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPDB di Kota Jogja. (JIBI/Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi)

PPDB 2017, tahun ini sistem baru diberlakukan.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Pemberlakuan sistem zonasi, pada Penerimaan Peserta Didik Baru 2017/2018 di Kulonprogo, menjadi salah satu kebijakan yang akan menguji profesionalitas guru.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : PPDB 2017 : Sistem Zonasi Uji Profesionalitas Guru

Kepala Disdikpora Kulonprogo, Sumarsana menyampaikan teknis pengambilan keputusan apabila ada lima orang yang mendaftar ke sebuah sekolah yang sama. Langkah pertama, sekolah perlu menentukan rangking yang diperhitungkan dari usia siswa pendaftar, yang tertua di antara mereka adalah yang berhak diterima di sekolah tersebut. Apabila mereka berusia sama, sekolah menentukan dengan menentukan sistem rangking berdasarkan nilai akhir Sekolah Dasar. Namun, bila nilai tersebut juga masih sama-sama bersaing, maka prestasi anak ketika di sekolah, misalnya perlombaan atau kompetisi di bidang apapun, menjadi dasar pertimbangan menentukan siswa yang diterima di antara mereka tadi.

“Kalau masih belum ditemukan juga karena banyak kesamaan, maka dilihat dari siapa dulu yang mendaftar,” ujarnya, Rabu (14/6/2017).

Dalam sistem zonasi, calon peserta didik mendapat kesempatan untuk mendaftar di dua sekolah pilihan. Bila gagal diteerima di dua sekolah pilihan, ia bisa mendaftar di sekolah lainnya. Disdikpora menjamin seluruh lulusan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) bisa mendapat sekolah di Kulonprogo, walau tidak seluruhnya bisa ditampung di sekolah negeri.

“Jumlah kursi Sekolah Menengah Pertama masih kosong 1.800,” tuturnya.

Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Galur, Edi Suwarno menyatakan jajarannya sudah mempersiapkan diri untuk menyambut PPDB 2017/2018. Pihaknya juga tidak mempermasalahkan adanya sistem zonasi, kendati nantinya mereka akan mendidik siswa dengan input tidak sebaik siswa yang biasanya mereka didik selama ini.

“Kami merasa tertantang, untuk bisa mendidik mereka dengan segenap kemampuan kami,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya