SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (tiga dari kiri) berbincang dengan Kepala Disdikbud Jateng Gatot Bambang Hastowo (dua dari kiri) di sela peluncuran aplikasi PPDB 2017 di Puri Gedeh, Semarang, Rabu (7/6/2017) malam. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Y.S.)

PPDB 2017 untuk jenjang siswa SMA dan SMK di Jateng dilakukan secara online dengan Telkom sebagai penyedia jaringan Internet.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Telkom menyatakan kesiapannya menjadi penyedia jasa Internet bagi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017 jenjang SMA dan SMK di Jawa Tengah (Jateng). Demi kelancaran proses registrasi siswa baru secara online, Telkom pun akan menyediakan 113 server yang tersebar di 35 kabupaten dan kota di Jateng.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Hal itu disampaikan Deputi Executive Vice President Marketing Telkom Regional IV Jateng-DIY, Firdaus Riswandi, saat peluncuran aplikasi PPDB 2017 di Rumah Dinas Gubernur Jateng Puri Gedeh, Semarang, Rabu (7/6/2017) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami sudah menyiapkan segalanya. Hampir semua sekolah di Jateng yang menggelar PPDB Online 2017 sudah terkoneksi Internet. Jadi, tidak ada masalah dan semoga semua berjalan lancar,” beber Firdaus

Firdaus menyebutkan penerimaan siswa baru secara online sebenarnya sudah digelar sejak 2003 lalu. Bahkan pada 2016 lalu, beberapa sekolah negeri di 15 kabupaten dan kota di Jateng telah menggunakan sistem penerimaan siswa baru jenjang SMA dan SMK secara online.

Meski demikian, baru kali ini semua SMA dan SMK yang berstatus negeri di Jateng secara serentak menggelar PPDB secara online. Hal itu dikarenakan mulai tahun ini wewenang pengelolaan SMA dan SMK diambil alih oleh Pemprov Jateng.

“Jadi ini bukan yang pertama bagi kami menangani penerimaan siswa baru secara online. Demi kelancaran, tentu kami akan menempatkan tim di setiap kabupaten/kota di Jateng. Mereka akan berkoordinasi dengan petugas dari Pemprov Jateng agar semuanya berjalan lancar. Siswa atau masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasinya bisa langsung menghubungi petugas kami,” imbuh Firdaus.

Siswa yang ingin melakukan pendaftaran di sekolah yang dituju pada PPDB 2017 bisa mengakses situs siap-ppdb.com/jateng. Website itu sudah bisa diakses sejak diluncurkan Rabu malam, namun baru bisa digunakan untuk registrasi pada Minggu-Rabu (11-14/6/2017). Untuk melakukan registrasi, setiap siswa akan diberi rentang waktu selama 30 menit.

“Sebenarnya untuk registrasi cukup cepat. Setiap siswa yang ingin melakukan registrasi PPDB 2017 di situs itu hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit. Tapi, kami beri waktu lebih, selama 30 menit agar lebih leluasa,” terang Firdaus.

Total ada sekitar 592 SMA dan SMK yang kewenangannya di bawah Pemprov Jateng yang menggelar PPDB secara online pada tahun 2017 ini. Dari 592 sekolah itu, 392 di antaranya merupakan SMA, sedangkan sisanya merupakan sekolah kejuruan atau SMK.

Ke-592 sekolah itu akan menampung siswa baru sebanyak 209.872. Di Jateng saat total ada sekitar 526.378 lulusan SMP yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau SMA maupun SMK.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya