SOLOPOS.COM - Pendaftaran Siswa SMK (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

PPDB 2016 di Bantul, sekolah di pinggiran sepi pendaftar

Harianjogja.com, BANTUL- Sejumlah SMA Negeri yang berada di wilayah pinggiran Kabupaten Bantul sepi pendaftar peserta didik baru. Kondisi itu berbeda jauh dengan sekolah yang tersebar di kota.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hingga memasuki hari ketiga jadwal pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten, Bantul, Rabu (22/6/2016), sejumlah sekolah pinggiran tetap sepi pendaftar. Di SMA Negeri 1 Dlingo misalnya, hingga Rabu siang hanya ada dua calon siswa yang dipastikan mendaftar di sekolah tersebut.

Padahal sekolah ini menyediakan kuota sebanyak 20 siswa yang mendaftar lewat jalur reguler secara online. Tidak hanya di Dlingo, kondisi serupa juga ditemukan di SMA Negeri 1 Srandakan yang terletak di wilayah pesisir. Hingga Rabu siang, baru lima pendaftar yang termuat di situs PPDB online Kabupaten Bantul. Padahal kuota yang tersedia sebanyak 86 siswa.

Sesuai aturan, calon siswa baru dikatakan mendaftar secara penuh apabila telah melakukan verifikasi berkas pendaftaran ke operator sistem PPDB di sekolah sehingga data pendaftar tersebut dapat diunggah ke internet atau ke situs PPDB online.

Kepala SMAN 1 Dlingo, Bantul Sandra Bayu Kurniawan mengatakan, sekolah pinggiran selalu menjadi pilihan kedua atau terakhir bagi calon siswa baru. Di awal atau pertengahan masa pendaftaran, para siswa biasanya mengutamakan mendaftar ke sekolah-sekolah favorit yang berada di tengah kota.

“Kalau nanti tidak lolos di sekolah itu, biasanya mereka baru mendaftar ke sini,” terang Sandra Bayu Kurniawan, Rabu .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya