SOLOPOS.COM - Olustrasi PPDB Jateng. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

PPDB 2016 secara online di Sragen dibuka Kamis-Sabtu (16-18/6/2016).

Solopos.com, SRAGEN—Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Sragen dibuka Kamis-Sabtu (16-18/6/2016). Pada hari pertama, pendaftaran sekolah favorit membeludak.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pantauan solopos.com di SMAN 1 Sragen, para calon siswa mengantre untuk menyerahkan berkas pendaftaran. Sebagian dari mereka ditemani orang tua atau kakak. Penyerahan berkas dilayani di dua ruang. Sementara proses input data dilayani di satu ruang. Pada hari pertama, jumlah pendaftar SMAN 1 Sragen mencapai 144 siswa. Sebagian besar pendaftar menjadikan SMAN 1 Sragen sebagai pilihan pertama. Dari 144 pendaftar itu, hanya terdapat sembilan siswa yang menjadikan SMAN 1 Sragen sebagai pilihan kedua.

”Kuota siswa yang kami terima dari PPDB online adalah 320 siswa yang terbagi dalam 10 kelas,” jelas Wakil Kepala SMAN 1 Sragen Bidang Kesiswaan Sucahyo Edi Subeno saat ditemui wartawan di kantornya.

Selain dari jalur online, SMAN 1 Sragen juga membuka PPDB jalur offline. Jalur ini diperuntukkan khusus bagi siswa kurang mampu. Adapun kuota siswa kurang mampu di SMAN 1 Sragen mencapai 64 siswa. Pendaftar jalur ini bisa diterima dengan syarat memiliki kartu untuk siswa miskin seperti Kartu Sintawati, Kartu Saraswati, Kartu Indonesia Hebat (KIH), Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Jamkesmas. ”Persyaratan lain yang harus dipenuhi, nilai rata-rata rapor minimal 7,5 dan nilai rata-rata UN minimal 8,0,” jelas Subeno.

SMAN 1 Sragen passing grade tertinggi yakni 243.50. Passing grade itu dijadikan sebagai patokan batas bawah nilai siswa yang bisa diterima di SMAN 1 Sragen dari dalam kabupaten. Hingga hari pertama, batas atas nilai siswa yang mendaftar SMAN 1 Sragen dari dalam kabupaten adalah 412.50. Sementara batas atas dan batas bawah nilai siswa yang diterima SMAN 1 Sragen dari luar kabupaten masing-masing 370.00 dan 290.00.

”Nilai saya 345.00. Untuk sementara masih aman. Semoga tetap aman hingga hari terakhir pendaftaran,” kata Rafie, lulusan SMPN 1 Sragen yang mendaftar ke SMAN 1 Sragen saat ditemui solopos.com di lokasi.

Salah satu sekolah favorit lainnya, SMKN 2 Sragen, juga kebanjiran pendaftar pada hari pertama PPDB online. Wakil Kepala SMKN 2 Sragen Joko Daryono mengatakan kuota siswa baru yang diterima sekolahnya adalah 544 siswa yang terbagi 17 kelas. Pada hari pertama pendaftara PPDB online, terdapat sekitar 600 pendaftar SMKN 2 Sragen. ”Pada 14-15 Juni lalu, ada 1.350 calon siswa yang sudah mendaftar tes khusus. Tes khusus masih kami layani hingga Sabtu nanti,” jelas Joko.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya