SOLOPOS.COM - Pendaftaran Siswa SMK (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

PPDB 2016 di Jogja ditemukan sejumlah sekolah melakukan wawancara terhadap calon siswa

Harianjogja.com, JOGJA-Sejumlah sekolah menerapkan kebijakan wawancara dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2016 di Kota Jogja.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Meski demikian, panitia menyatakan tahapan wawancara bukan masuk dalam agenda seleksi, melainkan pemantapan memasuki lingkungan pendidikan di sekolah tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketua Panitia PPDB 2016 Kota Jogja Samiyo pada Minggu (26/6/2016) menuturkan, wawancara yang diterapkan sekolah dalam proses PPDB bukan menjadi penentu diterimanya seorang calon peserta didik di sebuah sekolah, melainkan sebagai bentuk penggalian pemantapan niat calon siswa untuk menjalani Kegiatan Belajar Mengajar di sebuah sekolah.

“Adanya kemantapan dalam hati seorang anak dalam memilih sekolah, dapat membantu proses pembelajaran dapat belajar dengan baik,” ungkapnya.

Dengan menggunakan sistem yang sama dengan tahun sebelumnya, ia menyatakan PPDB yang berakhir pada Sabtu (25/6/2016) lalu menunjukkan masyarakat sudah semakin familiar dengan sistem Real Time Online, meskipun warga tetap harus melakukan proses pendaftaran ulang.

Kota Jogja sendiri membuka kuota 9.230 siswa untuk jenjang Sekolah Menengah Atas, dengan 1.768 kursi bagi kuota siswa dalam Kota Jogja [pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) dan non KMS serta 816 kursi bagi kuota siswa dari luar Kota Jogja.

Sementara untuk kuota untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan tidak dibedakan antara dalam atau luar Kota Jogja, melainkan 25% kuota bagi siswa pemilik KMS dan 75% bagi non KMS.

Kepala SMK Negeri 4 Jogja Setyo Budi menyatakan, pihaknya merupakan salah satu sekolah yang menerapkan tahapan wawancara bagi calon peserta didik.

Bahkan ia menyebut proses wawancara dilakukan cukup lama, tahapan ini dimaksudkan untuk menggali potensi dan mengetahui betul minat dan potensi calon peserta didik.

“Kami juga ingin mengetahui, apa yang akan mereka lakukan selama mengenyam pendidikan di sini [SMK N 4 Jogja] , dan apa yang akan mereka lakukan dengan ilmu yang sudah mereka miliki nanti,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya