SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPDB di Kota Jogja. (JIBI/Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi)

PPDB 2016 di bantul menyediakan kuota 5% untuk siswa dekat sekolah

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) Kabupaten Bantul, akan menyediakan kuota 5% bagi siswa yang berdomisili terdekat dengan sekolah pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2016/2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dikdas Kabupaten Bantul, Totok Sudarto mengatakan, kuota lima persen bagi siswa warga terdekat dengan sekolah ini akan dihitung dari total daya tampung masing-masing sekolah, kemudian kuota ini akan berlaku bagi seluruh SMP, baik negeri maupun swasta di Kabupaten Bantul yang jumlahnya mencapai 88 sekolah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Mulai tahun ini kebijakan ini akan dilaksanakan, gunanya untuk memperhatikan saudara-saudara kita yang tinggal dekat dengan sekolah agar bisa diterima di sekolah tersebut tanpa memperhitungkan nilainya,” kata Totok saat ditemui di kantornya, Kamis (16/6/2016).

Ia mengatakan, penyediaan kuota siswa dari penduduk terdekat sekolah ini bertujuan untuk memfasilitasi warga setempat mendapat kemudahaan menempuh pendidikan, selain itu juga untuk mengurangi mobilitas anak usia sekolah dari rumah menuju sekolah.

“Aturan ini kan menjadi sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memajukan pendidikan, sekolah dibangun di masing-masing daerah kan agar tujuan menjadi dekat dengan siswa,” tegasnya.

Totok menambahkan, terkait mengenai peraturan sudah diatur dalam peraturan bupati (perbup) dan peraturan kepala sekolah (perka), dalam aturan dari Dikdas tersebut ketentuan yang berlaku bagi siswa yang berumah tinggal dengan radius satu kilometer dari sekolah.

Selain itu, dikatakannya bahwa jatah lima persen bagi warga atau siswa terdekat juga diperuntukkan bagi sekolah dasar (SD) baik negeri maupun swasta se-Bantul yang jumlahnya 362 sekolah dan tersebar di 17 kecamatan.

Kemudian adapun pelaksanaan PPDB tingkat SMP Negeri akan dimulai pada tanggal 22 Juni-29 Juni, sementara untuk SMP swasta pada tanggal 27 Juni-1 Juli 2016, sedangkan PPDB untuk SD dimulai pada 20 sampai 22 Juni 2016.

“Untuk alur pendaftaran siswa baru dari warga terdekat ini bisa langsung datang ke sekolah bersangkutan. Sebelum kuota terpenuhi maka sekolah wajib menerima siswa yang bersangkutan. Kemudian jika melebihi kuota maka menggunakan rangking dari nilai akhir, dan akan diambil lima persen siswa baru dari rangking teratas,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya