PPDB 2015 : SMAN I Klaten Bidik Siswa Tak Mampu yang Berprestasi
Ilustrasi siswa SMA (JIBI/Harian Jogja/Antara)

PPDB 2015 di SMAN 1 Klaten memberi kesempatan kepada siswa tidak mampu yang berprestasi.

Solopos.com, KLATEN -- Pengelola SMAN I Klaten bakal membidik siswa berprestasi dari kalangan keluarga tak mampu saat berlangsung momentum penerimaan siswa baru dalam waktu dekat. Rencananya, SMAN I Klaten menyediakan sembilan Rombongan Belajar (Rombel) jurusan IPA dan dua Rombel jurusan IPS.

Hal itu diungkapkan Kepala Sekolah (Kasek) SMAN I Klaten, Kawit Sudiyono, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (30/5/2015). Selama penerimaan siswa baru nanti, pihaknya membutuhkan 352 siswa yang akan menempati 11 rombel.

“Pendaftaran dibuka serentak di Klaten, 22-25 Juni mendatang. Dalam momentum pendaftaran nanti, kami memprioritaskan calon siswa dari kalangan tidak mampu tapi berprestasi di bidang akademik. Misalnya nilai calon siswa yang bersangkutan harus di atas rata-rata [dibandingkan calon siswa lainnya],” katanya.

Kawit mengatakan saat ini pihaknya juga sudah membantu 88 siswa yang dinilai tidak mampu. Puluhan siswa yang tersebar di kelas I dan kelas II itu dinyatakan bebas dana operasional bulanan yang besarnya berkisar Rp250.000-Rp375.000.

“Untuk membuktikan apakah siswa di sini dari kalangan tidak mampu, kami sudah punya tim khusus untuk mengecek kebenarannya. Yang jelas, kami menyediakan ruang khusus bagi calon siswa yang memiliki nilai bagus tapi tidak mampu,” katanya.

Kawit menjamin pelaksanaan penerimaan siswa baru di sekolahnya berlangsung transparan. Dirinya menolak keras budaya titip-menitip calon siswa dari berbagai kalangan masyarakat. “Setelah diterima di sini, kami akan mengadakan tes penjurusan dengan bekerjasama dengan salah satu universitas di kawasan Soloraya,” katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho