SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Awal bulan depan, 1-3 Juli 2014, masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) dibuka untuk tingkat sekolah dasar, menengah dan atas. Di tingkat SMA, Gunungkidul kelebihan kelas.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rosyid menuturkan daya tampung untuk SMA, MA dan menengah kejuruan mencapai 10.700 kursi sedangkan peserta ujian tingkat SMP ada 9.250 siswa.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Itupun [peserta ujian akhir nasional SMP yang lulus] belum semua akan melanjutkan pendidikan ke tingkat menengah atas. Ada pula yang mungkin memilih sekolah di luar Gunungkidul,” ujarnya, Kamis (12/6/2014).

Pada penerimaan siswa baru tahun lalu, dari daya tampung 10.700 hanya 8.100 siswa yang tercatat melanjutkan pendidikan ke menangah atas padahal siswa SMP yang lulus ada 9.500 orang.

“1.400 orang sisanya bisa saja tidak melanjutkan jenjang pendidikan atau sekolah di luar Gunungkidul,” imbuh Bahron.

Bagi siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi hanya perlu mendaftar manual. Tidak ada biaya pendaftaran untuk setiap tingkatan. Sementara kuota setiap sekolah berbeda, maksimal diisi 32 siswa.

Khusus tingkat SMP, setiap kelas bisa diisi 32 siswa kecuali seperti SMP Negeri 1 Karangmojo yang termasuk sekolah pengembang cerdas istimewa bakat istimewa (CI BI). Maksimal setiap kelas diisi 28 siswa. Sekolah dasar, penerimaan siswa baru diurutkan dari tingkat usia. Pendaftar akan diurutkan mulai dari usia tertua sampai termuda.

Pengumuman siswa baru dilakukan pada 4 Juli. Siswa yang tidak diterima di sekolah di negeri masih memiliki kesempatan untuk mendaftar di sekolah swasta atau sekolah negeri yang kuotanya masih belum penuh. Perpanjangan waktu biasanya diberikan selama sepekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya