SOLOPOS.COM - Tangkapan layar unggahan yang memperlihatkan istri pejabat Kemensetneg pamer gaya hidup mewah. (Tangkapan layar Twitter @PartaiSocmed).

Solopos.com, JAKARTA–Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) akan menindaklanjuti permintaan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) terkait pemeriksaan terhadap harta kekayaan milik Esha Rahmansah Abrar.

Esha yang merupakan Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kemensetneg itu kini telah dicopot dari jabatannya. Itu imbas dari perilaku doyan pamer gaya hidup mewah yang dilakukan istri Esha.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Iya pasti kami tindak lanjuti [permintaan tersebut],” ujar Ketua PPATK Ivan Yustiavandana saat dihubungi Bisnis.com, Senin (20/3/2023).

Dia melanjutkan pemeriksaan terhadap harta kekayaan pejabat merupakan hal yang lazim. Hal itu memang sudah menjadi tugas, fungsi, dan kewenangan PPATK.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah diinvestigasi harta kekayaan Esha Rahmansah Abrar, nantinya PPATK akan menyerahkan laporan kepada Kemensetneg. Apabila ada dugaan tindak pidana korupsi atau pencucian uang, pihaknya akan mengirimkan laporan tersebut kepada Polri atau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Data akan kami serahkan ke instansi peminta, dalam hal ini Setneg. Jika ada unsur korupsi dan pencucian uang kami sampaikan ke penyidik terkait [KPK/Polri],” katanya.

Sebelumnya, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Setneg Eddy Cahyono Sugiarto menyatakan Esha Rahmansah Abrar telah dinonaktifkan untuk memperlancar pemeriksaan kewajaran harta kekayaannya.

“Kemensetneg memohon maaf kepada masyarakat atas kegaduhan yang telah menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat. Sebagai tindaklanjutnya, Esha telah dinonaktifkan sementara dari jabatannya untuk memudahkan melakukan verifikasi terkait kebenaran informasi yang berkembang [istri gemar pamer harta],” ujarnya melalui rilis yang diterima Bisnis.com.

Dia melanjutkan Kemensetneg telah membentuk tim verifikasi internal untuk menyelidiki harta kekayaan Esha dan pejabat lainnya. Kemensetneg akan berkoordinasi dengan KPK dan PPATK untuk mengusut harta tak wajar tersebut.

Sebagai informasi, Esha Rahmansah Abrar belakangan menjadi sorotan publik.

Hal itu menyusul terungkapnya gaya hidup mewah yang ditunjukkan istri dari Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) itu.

Warganet atau netizen saat ini getol mengungkap pejabat atau anggota keluarga pejabat yang doyan pamer gaya hidup mewah di media sosial.

Mereka memublikasikan unggahan-unggahan pejabat atau istri pejabat yang menunjukkan kemewahan seperti dilakukan istri Esha Rahmansah Abrar.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Buntut Istri Pamer Harta, PPATK Akan Periksa Harta Esha Rahmansah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya