PP PBSI Terima Permintaan Maaf Yeremia Rambitan

PBSI memastikan telah memberikan teguran keras kepada Yeremia dan keputusan itu dianggap telah menjadi sanksi berat kepada atlet binaan Pelatnas Cipayung tersebut.

 Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan saat berlatih dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Selasa (19/4/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

SOLOPOS.COM - Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan saat berlatih dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Selasa (19/4/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menyatakan pebulu tangkis ganda putra Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan secara resmi telah meminta maaf kepada lembaga dan masyarakat terkait ucapan kasar yang dilontarkan saat berada di SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

“Yere sudah minta maaf dan itu sudah luar biasa. Saya kira sanksi sosial dari masyarakat lebih dahsyat untuk menyadarkannya. Dia sudah menelpon saya dan bilang menyesali tindakannya. Ini jadi pelajaran besar bagi karirnya,” kata Sekjen PP PBSI, Muhammad Fadil Imran, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Yeremia Rambitan mendadak ramai menjadi perbincangan setelah beredarnya video yang merekam ucapan tidak pantas darinya, yang diduga dilontarkan kepada volunteer SEA Games Vietnam di Hanoi, Vietnam. Pada rekaman yang beredar di media sosial, terlihat Yeremia berkomunikasi dengan salah seorang sukarelawan dengan mengucapkan “I love you and I want f*ck you”.

Akibat ucapannya itu, penggemar bulu tangkis di Indonesia pun meradang dan secara terbuka beramai-ramai menegur Yeremia lewat komentar di media sosial.

Fadil menilai apa yang dilakukan oleh Yeremia pada mulanya hanya dilandasi candaan, namun tak disangka justru berbuntut pada aksi netizen yang menganggap hal itu sebagai tindakan kurang pantas dari atlet Indonesia.

Baca Juga: Profil dan Perjalanan Karier Yeremia Rambitan, Ganda Putra Bulu Tangkis

“Dia bermaksud bercanda, tapi persepsi orang-orang berbeda. Kami akan berikan pemahaman mendalam ke dia soal etika. Kami rasa ini penting karena dalam bermedia sosial juga butuh etika, agar dia tidak terpeleset lagi pada kesalahan yang sama,” ujar Fadil.

PBSI memastikan telah memberikan teguran keras kepada atlet yang bersangkutan dan keputusan ini dianggap telah menjadi sanksi berat kepada atlet binaan Pelatnas Cipayung.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Mesut Ozil akan Salat Jumat di Masjid Istiqlal

“Ditambah ada sanksi sosial yang dia terima, pasti akan menjadi pelajaran yang sangat besar bagi Yere,” ungkapnya.

Yeremia secara resmi telah meminta maaf lewat unggahan video di akun Instagram resmi PP PBSI. Dalam video berdurasi sekitar 13 detik, Yeremia mengakui perbuatannya yang menyalahi norma dan telah menyampaikan permintaan maaf kepada sukarelawan menjadi sasaran ucapannya.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Berita Terkini

Jadwal 8 Besar Piala Presiden 2022: Diawali Persib vs PSS pada 1 Juli

Babak 8 besar Piala Presiden 2022 mulai digelar 1 Juli dengan laga tuan rumah Persib Bandung melawan PSS Sleman.

Daftar Tim Lolos 8 Besar Piala Presiden 2022, Tanpa Tim Promosi Liga 1

Tidak ada tim promosi Liga 1 dalam daftar delapan tim lolos ke perempat final Piala Presiden 2022 setelah RANS Nusantara FC tersingkir dari Grup B.

Borneo FC Hajar RANS 3-0, Barito Putera ke 8 Besar Piala Presiden 2022

Borneo FC Samarinda menutup penyisihan Piala Presiden 2022 sebagai juara Grup B ditemani Barito Putera sebagai runner-up.

4 Negara Ini Pesaing Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Selain Indonesia, empat negara sudah mengajukan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 yaitu Australia, Jepang, Korea Selatan dan Qatar.

Alasan PSSI Ajukan Indonesia Tuan Rumah Piala Asia 2023

Waktu yang mepet dengan Piala Dunia U-20 membuat PSSI mempertimbangkan mengajukan tuan rumah Piala Asia 2023.

Akhirnya, PSSI Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

PSSI secara resmi mengajukan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah mendapatkan restu dari pemerintah.

Kritik Persis Solo, Pagar Hijau Manahan: Performa Turun, Harus Berbenah

Komunitas pencinta Persis Solo, Pagar Hijau Manahan, mengatakan Persis Solo mengalami penurunan performa yang mencolok di tengah label juara kasta kedua liga.

Suporter Nyalakan Flare di Stadion Manahan, Begini Sikap Panpel

Ketua Panpel Stadion Manahan, Ginda Ferachtriawan, meminta penonton yang menyalakan flare saat pertandingan Persis Solo vs Persita Tangerang meminta maaf secara terbuka.

Israel Bisa Tampil di Piala Dunia U20 Indonesia, Ini Alasan Pemerintah

Menpora Zainudin Amali mengatakan sesuai kesepakatan dengan FIFA, sepak bola mesti dipisahkan dari politik sehingga Israel bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Jadwal 8 Besar Piala Presiden: Persib vs PSS, PSIS vs Bhayangkara FC

Persib Bandung akan melawan PSS Sleman dan PSIS vs Bhayangkara FC pada babak perempat final atau 8 besar Piala Presiden 2022.

Jadwal Piala Presiden 2022 Hari Ini, Perebutan 1 Tiket Tersisa 8 Besar

Satu tiket tersisa perempat final Piala Presiden 2022 diperebutkan oleh RANS Nusantara FC dan Barito Putera.

Siap Dihujat Suporter Persis Solo, Jacksen: Itu Peringatan dari Tuhan

Jacksen F Tiago, pelatih Persis Solo siap dihujat oleh para suporter setelah tim kebanggaannya ini gagal lolos perempat final Piala Presiden 2022.

Kecewa, Jacksen: Jangan Ada Malam seperti Ini Lagi di Liga 1 Nanti..

Jacksen Tiago mengaku kecewa dengan hasil Persis Solo di Piala Presiden 2022 karena dia sebelumnya yakin dengan performa timnya.

Persis Solo Tanpa Kemenangan di Piala Presiden, Begini Komentar Jacksen

Pelatih Persis Solo Jacksen F Tiago akan mengevaluasi lini depan setelah Piala Presiden 2022.

PSIS Hadapi Bhayangkara di Jatidiri, Begini Reaksi Suporter

Begini reaksi suporter PSIS Semarang saat mengetahui tim kesayangannya bakal menjamu Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri pada perempat final Piala Presiden 2022.