Solopos.com, MOJOKERTO — Pekerja mencuci patung Buddha tidur di area Maha Vihara Mojopahit Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (30/5/2023).

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tradisi membersihkan patung Buddha tidur berukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter tersebut merupakan persiapan menjelang perayaan Hari Raya Waisak ke 2567. Patung Buddha tidur tersebut dimandikan oleh 8 orang menggunakan air campuran bunga mawar, melati, dan kenanga.

Patung tersebut dibangun tahun 1993 oleh pematung dari Solo dan Trowulan. Patung Buddha tidur di Mojokerto itu menjadi patung terbesar di Indonesia dan patung terbesar ketiga di dunia setelah patung Buddha yang ada di Thailand dan Myanmar.

 

Pekerja menggosok dan membersihkan patung Buddha tidur di area Maha Vihara Mojopahit Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (30/5/2023). (Antara/Umarul Faruq)

 

Tradisi membersihkan patung Buddha tidur berukuran panjang 22 meter, lebar enam meter dan tinggi 4,5 meter tersebut merupakan persiapan menjelang perayaan Hari Raya Waisak ke 2567. (Antara/Umarul Faruq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi