Solopos.com, MAGELANG — Jelang perayaan Waisak, umat Buddha mulai melaksanakan sejumlah rangkaian prosesi keagamaan dan berbagai persiapan di Candi Botobudur, Magelang, Jawa Tengah.

PromosiMitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Panitia penyelenggara memperkirakan sedikitnya 4.500 umat Buddha dari berbagai wilayah akan hadir pada puncak perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE/ 2023 di pelataran Candi Borobudur pada Minggu 4 Juni 2023 mendatang.

Perayaan puncak Waisak Nasional 2567 BE/2023 di Candi Borobudur akan ditutup dengan Dharmasanti Festival Lampion Trisuci Waisak Nasional di Taman Lumbini.

Para Biksu Thudong datang berkumpul di Candi Borobudur untuk merenungkan kembali ajaran Sang Buddha sesuai tema tahun ini Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

Sebanyak 32 biksu telah menyelesaikan ritual Thudong selama empat bulan menempuh jarak sejauh 2.600 kilometer dan melewati empat negara yaitu Thailand, Singapura, Malaysia dan Indonesia menuju Candi Borobudur.

Perayaan Waisak akah dihadiri sejumlah pejabat publik yang sudah konfirmasi hadir dalam kegiatan tersebut yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, serta tamu undangan lainnya.

 

Pekerja menyelesaikan pembuatan altar saat persiapan hari raya Tri Suci Waisak 2567 BE/ 2023 di lapangan Kenari kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (1/6/2023). (Antara/Anis Efizudin)

 

Sejumlah biksu peserta ritual Thudong berjalan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (1/6/2023). (Antara/Anis Efizudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi