Solopos.com, TANAH DATAR — Istano Basa Pagaruyung atau istana besar Kerajaan Pagaruyung menjadi salah satu bangunan peninggalan sejarah di Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bangunan istana tersebut berbentuk sebuah rumah panggung berukuran besar dengan atap gonjong yang menjadi ciri khas dari arsitektur tradisional Minangkabau. Rumah panggung besar ini bertingkat tiga, dengan 72 tonggak yang menjadi penyangga utamanya.

 

Bangunan Istano Basa Pagaruyung di Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Rabu (13/4/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

 

Baca Juga: Punya Situs Majapahit, Kadipiro Sragen Siap Jadi Desa Wisata Sejarah

Istano Basa Pagaruyung merupakan replika dari bangunan asli istana Pagaruyung dan merupakan destinasi edukasi mengenai sejarah Kerajaan Pagaruyung dan budaya Minangkabau.

 

Suasana salah satu ruangan Istano Basa Pagaruyung, Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Rabu (13/4/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

 

Pengunjung mengamati berbagai jenis senjata koleksi Istano Basa Pagaruyung, Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Rabu (13/4/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi