SOLOPOS.COM - Ridho Ilahi, 5, pemeran Jokowi saat berusia lima tahun (kiri), bersama teman-temannya yang memerankan film kisah hidup Jokowi, Ahmad (tengah) dan Dani (kanan), selepas latihan olah tubuh di Sanggar Komunitas Tanggul Budaya, Kamis (16/5/2013). (Mahardini Nur Afifah/JIBI/SOLOPOS)


Ridho Ilahi, 5, pemeran Jokowi saat berusia lima tahun (kiri), bersama teman-temannya yang memerankan film kisah hidup Jokowi, Ahmad (tengah) dan Dani (kanan), selepas latihan olah tubuh di Sanggar Komunitas Tanggul Budaya, Kamis (16/5/2013). (Mahardini Nur Afifah/JIBI/SOLOPOS)

Proses pengambilan gambar masa kecil film yang menceritakan perjalanan mantan orang nomor satu di Solo, Joko Widodo, telah selesai dilakukan pertengahan April 2013 lalu.  Selesai pengambilan gambar, tiga orang pemain film cilik yang kebagian peran dalam film Cerita Kecil dari Solo melanjutkan rutinitasnya seperti biasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ditemui Solopos.com di Sanggar Komunitas Tanggul Budaya, Dawung Wetan RT 003/RW 015, Danukusuman, Serengan, Solo, Kamis (16/5/2013) petang, Ridho Ilahi, 6, tampak sedang berlatih split. Sedangkan Ahmad Nur Rohman, 11, dan Dani Dwi Kris, 10, sedang berlatih kayang.

Dalam film arahan sutradara Azhar Kinoi Lubis ini, Ridho memerankan Jokowi saat berusia empat tahun. Ahmad kebagian peran sebagai Wandi, anak yang suka mengusili Jokowi sewaktu berusia 10 tahun. Sedangkan Dani berperan sebagai Jupri, teman Wandi. Bertiga, mereka bersedia berbagi cerita saat mengikuti proses pengambilan gambar yang dilakukan dalam rentang waktu sekitar satu bulan.

Ridho yang di film Cerita Kecil dari Solo dipanggil Joko, mengutarakan untuk membaca dialog dalam naskah film dirinya dibantu anggota Komunitas Tanggul Budaya, Ratna Hadi.

“Yang membacakan naskah Mbak Ratna terus disuruh mengulang omongannya,” terang bocah yang belum lancar membaca ini.

Pelajar yang duduk di bangku kelas I SDN 02 Danukusuman ini mengaku meskipun sempat beberapa hari izin tidak masuk kelas, namun ia mengaku senang bisa terlibat dalam produksi film Gubernur Jakarta ini.

“Rasanya senang bisa ikut shooting. Adegan yang bisa saya ingat dulu pas dibonceng kakek Joko naik sepeda [pengambilan gambar di depan Kori Kamandungan, Kraton Solo]. Adegan di sebuah rumah di Nusukan. Sama pas adegan naik sepeda di Jogja. Lainnya saya lupa,” tuturnya polos.

Sementara itu, Ahmad  mengaku paling ingat adegan saat ia harus mengganggu Joko saat berusia 10 tahun. “Kita sedang shooting di daerah Nusukan. Saat itu Joko kami beri uang suap agar tidak bilang Pak Ustaz kalau geng kami bolos mengaji. Tapi Joko tidak mau,” paparnya.

Sementara itu, Dani, paling ingat ketika dia harus memerankan sebagai karakter Jupri yang usil hingga akhirnya  ia terjatuh dari sepeda.  “Waktu itu pengambilan gambarnya di persawahan daerah Jogja. Saya naik sepeda, terus ngeyel waktu diteriaki Joko ada sepeda pengangkut tepung. Akhirnya kami menabrak pembawa tepung,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya