SOLOPOS.COM - Ilustrasi alat penanda gempa. (Freepik.com)

Solopos.com, BATANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang tetap meminta masyarakat di wilayahnya untuk mewaspadai potensi gempa bumi yang disebabkan sesar Weleri yang membentang dari Kecamatan Subah hingga Gringsing. Meski pun kekuatan gempa dari sesar Weleri itu diprediksi sangat kecil atau tidak lebih dari Magnitudo 3.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPBD Batang, Ulul Azmi, Selasa (28/3/2023). Menurut Azmi, skala kegempaan di wilayah yang dilewati sesar Weleri hanya di angka 3 sehingga dampak yaang dirasakan hanya getaran kecil seperti getaran truk bertonase besar di jalan raya.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Meski demikian, masyarakat tetap diminta waspada. Kendati, gempa yang disebabkan sesar Weleri itu tidak akan mampu merobohkan bangunan.

“Cukup waspada saja apabila terjadi gempa, karena bencana itu tidak terlalu mengkhawatirkan,” katanya.

Ia mengatakan BPBD Batang telah menyiapkan aplikasi InaRISK yang berisi informasi tingkat bahaya suatu wilayah dan dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasi secara partisipatif.

“Ketika mengklik aplikasi tersebut maka akan muncul informasi tingkat ancaman dan risiko bahaya bencana hingga cara penanggulangan sebelum hingga saat bencana terjadi,” katanya.

Pihaknya hingga saat ini tetap menyiagakan posko kebencanaan di setiap desa dan kelurahan sebagai antisipasi kemungkinan terjadi bencana alam seiring dengan perkembangan kondisi cuaca di sejumlah wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya