Potensi Desa Jadi Sasaran Survei Mahasiswa Pariwisata Indonesia

Mahasiswa pariwisata Indonesia mengadakan survei potensi desa pada wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melihat koleksi fosil di Museum Purbakala Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Sabtu (9/10/2021). (ILUSTRASI)

SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melihat koleksi fosil di Museum Purbakala Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Sabtu (9/10/2021). (ILUSTRASI)

Solopos.com, MAGELANG —Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) melalui Dewan Pimpinan Wilayah III Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta telah melaksanakan kegiatan survei potensi desa sebagai bentuk program kerja wilayah yang diprakarsai Bidang Kepariwisataan Kabinet Adhinatha Wiyasa Pradaya.

Kegiatan survei yang dilaksanakan di Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang tersebut diikuti langsung oleh HMPI wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

PromosiSejarah Kecil Kekerasan Militer Belanda pada Era Perang Kemerdekaan

“Kegiatan survei potensi desa yang merupakan salah satu rangkaian program kerja utama wilayah yaitu DPW III Mbangun Desa. Ini bertujuan sebagai pengabdian mahasiswa pariwisata untuk dapat berkontribusi dalam membantu pengembangan desa yang diawali dengan kegiatan survei yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2022 lalu,” ujar panitia dalam rilisnya, Senin (17/1/2022).

Baca Juga : Di Gunung Ini Ada Petilasan Ki Semar, Sosok Leluhur di Tanah Jawa

Mahasiswa dari Stiepari Semarang, Stipram Yogyakarta, STP Ampta Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Sebelas Maret Surakarta selama melakukan survei dan melakukan kunjungan langsung ke lapangan. Mereka melihat secara langsung daya tarik wisata yang ada di Desa Kalirejo.

Tim Survei Potensi Desa menyatakan Desa Kalirejo telah memiliki potensi yang dapat menarik kunjungan wisatawan dan memerlukan branding sebagai langkah awal untuk mempromosikan Desa Kalirejo itu sendiri.  Diskusi dan kunjungan lapangan yang dilakukan, telah menghasilkan suatu komitmen antara HMPI dengan Desa Kalirejo.

Kedua pihak bersama-sama bersinergi dengan akademisi untuk dapat memberikan penyuluhan. Ada pula pelatihan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kedubes RI Pertanyaan Alasan Singpura Tolak Abdul Somad

KBRI Singapura menerima informasi dari ICA Singapura bahwa penolakan (refusal of entry) didasarkan alasan tidak eligible untuk mendapatkan ijin masuk berdasarkan kebijakan imigrasi.

Diundang Jokowi, Elon Musk ke Indonesia November 2022

Elon Musk mengakui ada diskusi proyek masa depan dengan Presiden Jokowi dan akan datang ke Indonesia pada November 2022.

Bahas Video Marah-Marah, Yusuf Mansur: Saya Memang Ekspresif

Yusuf Mansur mengatakan dirinya memang tipikal orang yang ekspresif ketika menyampaikan sesuatu.

Rumah Dibom Molotov, Ustaz di Aceh Doakan Pelaku

Abdullah mengatakan saat pelemparan bom terjadi ia tidak berada di rumah karena sedang memenuhi undangan untuk menghadiri sebuah kegiatan syukuran kelahiran anak.

Aniaya Pelaku Balap Liar, 5 Polisi di Manokwari Ditahan

Kejadian pengeroyokan remaja oleh lima polisi itu terjadi pada Sabtu (14/5/2022) malam lalu.

Diterpa Banyak Masalah, Yusuf Mansur: Tak Ada Badai Semua Pelangi

Yusuf Mansur bahkan menyebut semua masalah yang menerpa dirinya saat ini sebagai pelangi.

IDI: Nakes Ucapkan Terima Kasih ke Airlangga Kendalikan Pandemi Covid-19

Menurut IDI, Airlangga Hartarto menjadi sosok sentral dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

5 Polres di Jateng Naik Level, Salah Satunya Klaten

Kelima Polres yang naik level tersebut yakni Polres Cilacap, Polres Magelang, Polres Pati, Polres Batang, dan Polres Klaten.

Imigrasi: Tidak Ada Masalah dengan Dokumen Abdul Somad

Penolakan Abdul Somad oleh Singapura sepenuhnya wewenang negara tetangga Indonesia tersebut.

Dokumen UAS Oke tapi Imigrasi Indonesia Tak Bisa Intervensi Singapura

Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI menyatakan tidak ada masalah keimigrasian dalam perkara yang menimpa Ustaz Abdul Somad (UAS) di Singapura.

Kejagung Kembali Tahan Mafia Minyak Goreng, Ini Sosoknya

Kejagung menetapkan analis independen Lin Che Wei sebagai bagian dari mafia minyak goreng yang bekerja sama dengan oknum di Kementerian Perdagangan.

Selain Indonesia, Ini Negara yang Membebaskan Warganya Tak Bermasker

Sebelum Indonesia, sejumlah negara sudah lebih dulu membolehkan warganya tak lagi memakai masker di tempat umum.

Pengacara: Korban Yusuf Mansur Silakan Hubungi Saya, Gratis!

Zaini mengatakan, apa yang dilakukan Yusuf Mansur kepada banyak investor dalam beberapa investasi yang digalangnya sebagai bentuk kezaliman.

Pelonggaran Masker Berlaku Per 18 Mei 2022

Pemerintah mengingatkan pelonggaran masker tersebut tidak berlaku bagi warga yang rentan penyakit serta yang dalam kondisi badan tidak sehat.

Elon Musk Ancam Batalkan Beli Twitter, Ini Alasannya

Twitter yang tidak mau memberikan data tentang akun bot kurang dari 5 persen dari pengguna, membuat Elon Musk mengacam batalkan pembelian Twitter.

Datangi Jakarta, Petani Sawit Tuntut 5 Hal ke Presiden Jokowi

Mereka mengadukan nasib petani sawit terkait pelarangan ekspor sawit oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).