SOLOPOS.COM - ilustrasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memasang buoy untuk mengukur gelombang di perairan Baron, Kemadang, Tanjungsari, Kamis (22/5/2014).

Perekayasa Kelautan BPPT, Wahyu W. Pandoe menuturkan selama ini data mengenai laut selatan sangat minim. Pemasangan buoy pengukur gelombang diharapkan mampu memberikan data mengenai gelombang di laut selatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Gelombang ini nanti akan kami ukur panjangnya, tingginya serta periodenya. Kami mau melihat data potensi yang ada,” ucap dia di Pantai Baron, Kamis (22/5/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Potensi yang terukur akan diteliti untuk menentukan mana yang bisa menajdi tenaga gelombang. Jenis gelombang apa saja yang bisa menjadi pembangkit tenaga gelombang.

“Tapi kami tidak hanya mengukur untuk riset kami. Tapi data yang bisa digunakan untuk mendeteksi kebencanaan misal gelombang besar,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya