SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga lansia. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukoharjo tetap melaksanakan posyandu untuk warga lansia (lanjut usia) meski di tengah pandemi Covid-19. Pelayanan dan pemantauan perkembangan kesehatan warga lansia tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Balita dan lansia itu kan termasuk kelompok rentan. Kita tetap adakan posyandu, tetapi ada jeda waktu [jadwal] yang diatur oleh bidan desa agar tidak ada kerumunan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu, ketika dihubungi Solopos.com, Jumat (18/3/2022). Dia menambahkan pelaksanaan posyandu lansia dan anak balita berdasarkan Instruksi Bupati terkait PPKM level 3 di Sukoharjo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebelumnya, Tuti menyampaikan data sasaran vaksinasi Covid-19 untuk kaum lansia diambil dari data posyandu lansia. Namun, lanjut dia, warga lansia yang tidak aktif atau bahkan tidak ikut posyandu tetap didaftarkan ikut vaksinasi.

Baca juga: Prokes Ketat! Imunisasi Anak di Baki Sukoharjo Lancar Saat Pandemi

Bidan Puskesmas Baki, Sukoharjo, Sirih Wiyati, menjelaskan pelaksanaan posyandu lansia baru sebagian, mengingat banyak lansia tergolong komorbid. “Yang sudah pelaksanaan Desa Purbayan, Gedongan, Kudu, Waru, tapi ini juga masih belum semua pelaksanaan karena pandemi,” jelasnya ketika dihubungi Solopos.com, Rabu (16/3/2022).

Sirih menyatakan pelaksanaan posyandu lansia dibantu oleh kader dari masyarakat umum. Terkait kendala yang dihadapi, dia menyatakan sementara ini belum ada. Lebih lanjut, Sirih juga membeberkan program yang dilaksanakan pada posyandu lansia.

“Untuk Posyandu Lansia ada penimbangan, pengukuran tekanan darah, laborat sederhana misal gula darah, asam urat, PMT [Pemberian Makanan Tambahan] juga ada. Untuk pelaksanaannya [oleh] bidan desa dan kader,” terangnya.

Sirih berharap pandemi segera berakhir dan kegiatan untuk lansia bisa dilaksanakan kembali agar lansia tetap terjaga kesehatannya.

Baca juga: Jerami di Baki Sukoharjo Ini Dijual Secara Online Lo…

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya