SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Post Test MotoGP 2015 dimanfaatkan Honda untuk menjajal motor baru mereka.

Solopos.com, MISANO— Honda memanfaatkan post test Motogp di Sirkuit Misano, Italia, selama tiga hari, Rabu-Jumat (15-17/7), untuk menjajal prototype motor RC213V 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Motor anyar yang akan digunakan dua pembalap Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, di musim depan ini dinilai masih memiliki banyak kekurangan.

Pedrosa mengungkapkan Honda butuh lebih banyak tes untuk menguji seberapa tangguh kekuatan kuda besi terbaru mereka. Selain itu, sasis pada motor baru masih butuh banyak perbaikan. Namun demikian, ia optimistis Honda bisa memperbaiki banyak kelemahan itu lantaran memiliki waktu yang panjang untuk melakukan berbagai modifikasi.

“Soal sasis sudah cukup baik. Masih ada banyak hal yang perlu diubah. Namun, kami sudah bisa mengumpulkan data yang diperlukan para mekanik. Mereka bisa menggunakan itu untuk perbaikan dan tampil lebih baik pada tes berikutnya,” kata Pedrosa, dilansir Speed Week, Minggu (19/7/2015).

Motor yang digunakan Pedrosa dan Marquez tersebut memang menggunakan sasis baru. Akan tetapi, mereka memakai mesin spesifikasi 2015. Kemungkinan besar sasis ini bisa mereka jajal untuk mengaspal di akhir musim 2015.

Sementara itu, Marquez cukup senang dengan set up motor RC213V 2016. Juara dunia 2014 itu mengaku lebih nyaman berada di atas kendaraan baru tersebut. Namun demikian, ia sepakat dengan Pedrosa soal uji coba lain demi mendapatkan performa motor yang terbaik.

“Saya mencoba prototype 2016 dan hasilnya lumayan. Tapi, kami harus melakukan tes lebih banyak lagi. Tes kali ini sebagai awal untuk mendapatkan data bagi para mekanik,” papar Marquez.

Setelah tes ini Honda akan kembali berkonsentrasi jelang pelaksanaan kejuaraan Motogp paruh kedua yang diawali dari GP Indianapolis, di Indianapolis Motor Speedway, Amerika Serikat, 9 Agustus mendatang. Sesi kedua ini menjadi kesempatan besar terutama untuk Marquez mengejar ketertinggalan dari Yamaha.

Kemenangan yang ia dapat di GP Jerman, Sirkuit Sachsenring, Minggu (12/7/2015) lalu, menambah kepercayaan diri pembalap muda berusia 22 tahun itu. Podium utama untuk kali kedua bagi Marc di musim ini membuktikan peluangnya untuk merebut gelar juara dunia tiga kali beruntun belum tertutup.

Akan tetapi, Marquez mesti tampik sekonsisten mungkin dalam sembilan seri ke depan. Saat ini pembalap asal Spanyol itu masih terjebak di peringkat keempat klasemen sementara dengan selisih 64 poin dari sang pemuncak, Valentino Rossi. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Ini dia prototype motor Honda RC213V 2016 yang akan digunakan Marquez dan Pedrosa. Ist/google image

Ini dia prototype motor Honda RC213V 2016 yang akan digunakan Marquez dan Pedrosa. Ist/google image

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya