SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, membuka posko layanan pindah pilih di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Selain itu, posko layanan pindah pilih juga dibuka di sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Tulungagung untuk memberi kesempatan pemilih menggunakan hak suara di luar domisili asalnya terdaftar.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Posko ini kami buka untuk memberi kemudahan para mahasiswa, terutama dari luar daerah apalagi jauh, agar tetap bisa menggunakan hak suaranya,” kata Komisioner KPU Tulungagung Divisi Pengolahan Data dan Informasi M. Khoirul Anam di Tulungagung, akhir pekan lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk memudahkan sosialisasi dan mendekatkan layanan ke para mahasiswa, KPU terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak rektorat IAIN Tulungagung. Setelah itu, posko layanan digelar di tempat terbuka dan dipasang spanduk berisi layanan informasi kegiatan yang mudah diakses mahasiswa.

“Animo mahasiswa cukup bagus. Banyak yang sudah menunggu untuk mengurus form A-5 agar tetap bisa mencoblos saat Pemilu 17 April nanti,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa asal Sulawesi, Badriah, mengaku ingin menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

“Ya, sebagai warga negara yang baik kan saya harus menggunakan hak pilih saya dalam pemilu nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anam mengakui tidak terlalu banyak mahasiswa memanfaatkan layanan jemput bola KPU tersebut. Namun, menurut Anam, penjaringan pemohon form A-5 akan terus dilakukan dengan konsentrasi di kampus-kampus, pondok pesantren, rumah sakit maupun melalui jaringan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat kecamatan serta desa/kelurahan.

Beradsarkan data sementara, pemilih yang masuk atau daftar pemilih tambahan (DPTb) KPU Tulungagungsebanyak 832 pemilih. Sedangkan pemilih yang keluar dari Tulungagung ke kota/kabupaten lain sebanyak 733 pemilih. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya