SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR – Seorang tenaga kesehatan asal Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar, terkonfirmasi positif Covid-19. Dia kini menjalani perawatan sebagai pasien di RSUD dr Moewardi Solo.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan, pasien positif berjenis kelamin pria itu merupakan tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit di Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelum menjalani perawatan di RSUD dr Moewardi, pasien itu sempat karantina mandiri di rumah sembari menunggu hasil tes swab.

“Sebelumnya yang bersangkutan itu sudah merasa ada gejala. Karena dia tenaga medis, jadi tahu bagaimana penangannya. Dia sudah mengarantina diri sendiri di rumah secara mandiri sembari menunggu hasil swab tenggorokan. Nah, semalam [Selasa (21/4/2020)] hasilnya keluar dan dinyatakan positif Covid-19,” jelas Juliyatmono kepada Solopos.com, Rabu (22/4/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

Maling Gabah di Karanganyar Demi Sambung Hidup, Pemulung Sragen Makan Beras Curian Lauk Sambal

Setelah dinyatakan positif, anggota keluarga tenaga kesehatan positif Covid-19 di Karanganyar yang kontak langsung menjalani tes cepat dengan rapid test dan hasilnya negatif.

Isolasi Wilayah

Selanjutnya, wilayah tempat tinggalnya diisolasi seperti di tempat lain yang terdapat pasien positif corona.

“Kami sudah langsung melakukan tindakan seperti isolasi wilayah. Tapi kalau untuk jumlah berapa jiwa yang diisolasi, kecamatan belum laporan ke saya,” sambung Juliyatmono.

Dengan keluarnya hasil swab tenaga kesehatan Gondangrejo itu, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Karanganyar per Rabu sore bertambah satu orang dengan total sementara enam orang. Dua di antara mereka meninggal dunia.

Jelang Ramadan, Harga Gula Pasir di Solo Tembus Rp19.000/Kg

Lebih lanjut, Juliyatmono juga memberikan kabar baik terkait hasil uji swab pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal asal Gawanan, Colomadu. PDP itu merupakan peserta Ijtima Ulama Dunia Zona Asia 2020, Gowa, Sulawesi Selatan. Hasil swab menunjukkan dia negatif Covid-19.

Selain itu, hasil uji swab dari tukang pijat yang kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 asal Sewurejo, Mojogedang juga dinyatakan negatif.

Terkait dua informasi warga meninggal dari Jumapolo dan Jatiyoso yang diduga positif Covid-19, Juliyatmono mengatakan berdasarkan informasi yang diterima, kedua orang tersebut bukan pasien positif Covid-19.

“Tapi karena keluarga meminta bantuan untuk dimakamkan secara protokoler Covid-19 makanya kami bantu sesuai permintaan tersebut,” jelas Juliyatmono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya