Positif Covid-19 Setelah Vaksin Pertama, Perlukah Suntikan Kedua?

Dilaporkan banyak orang mengalami positif Covid-19 setelah mendapatkan vaksin dosis pertama.

 Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SOLO--Tak sedikit orang justru mengalami positif Covid-19 setelah vaksin pertama. Hal ini bisa saja terjadi lantaran berbagai penyebab, salah satunya adalah antibodi terhadap virus corona belum terbentuk sempurna.

Lalu, bagaimana jika mengalami positif Covid-19 setelah vaksin pertama? Perlukah menerima dosis kedua? Jika perlu dosis kedua, lantas kapan waktu yang tepat untuk menerima suntikan kedua?

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi jika mengalami positif Covid-19 setelah vaksin pertama, maka harus menunggu dulu sampai sembuh sebelum mendapatkan dosis kedua. Jeda waktunya adalah tiga bulan.

Baca Juga: Takut Jarum Suntik? Tenang, Ada Kemungkinan Vaksin Lewat Hidung

"Tunda dulu sampai sembuh lalu 3 bulan kemudian suntikan dosis kedua," kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, seperti mengutip Detik.com, Senin (28/6/2021).

Ini artinya, seseorang masih bisa melanjutkan vaksinasi dosis kedua setelah dinyatakan sembuh dari infeksi Corona dan tidak perlu mengulangi proses vaksinasi dari awal. Dilaporkan banyak orang mengalami positif Covid-19 setelah mendapatkan vaksin dosis pertama.

Butuh waktu berminggu-minggu bagi tubuh untuk membangun antibodi setelah divaksinasi. Antibodi disebut baru akan terbentuk sempurna dan mulai bekerja dengan baik melawan paparan virus corona pada hari ke-28.

Namun, kekebalan tubuh tak langsung terbentuk sesaat setelah vaksin sehingga kepatuhan terhadap protokol kesehatan tetap harus dijalankan dengan disiplin. Meski demikian, dengan vaksinasi, diharapkan tubuh lebih kuat terhadap paparan virus corona sehingga apabila tetap tertular, sakitnya ringan dan tidak mengalami gejala berat.

Hal kurang lebih senada diungkapkan dokter spesialis penyakit dalam Adininggar. Menurutnya jika seseorang Covid-19 setelah vaksin pertama, maka dia tetap harus melakukan suntik vaksin kedua setelah sembuh.

Baca Juga: Meski Berbau Tak Sedap, Kentut Punya Banyak Manfaat Loh!

"Tetap suntik kedua setelah sembuh," papar Adininggar seperti mengutip laman Bisnis.com.

Sementara itu, Epidemiolog UNS Tonang Dwi Ardyanto juga mengatakan hal yang sama. Dia menjelaskan, terjadinya PCR positif beberapa hari setelah divaksin, bukan berasal dari vaksinnya.

Saat itu, belum terbentuk antibodi yang diharapkan cukup untuk memberikan proteksi. Maka bila positif, berarti terjadi penularan. Selanjutnya dikelola sebagaimana kasus konfirmasi biasa: berbasis gejala-waktu atau gejala-test.

Terkait suntikan kedua, katanya, pada prinsipnya selama tidak timbul gejala pada saat jadwal pemberian suntikan, maka tetap dapat diberikan. Bila saat itu timbul gejala, maka ditunda sampai 72 jam terakhir bebas gejala. "Tapi sesuai Juknis Kemenkes yang saat ini berlaku, bagi yang terbukti pernah konfirmasi, maka ditunda pemberian vaksinasinya sampai 3 bulan setelah terkonfirmasi. Ttg hal ini sudah dibahas pada penjelasan sebelumnya," ujarnya di akun Facebooknya

Baca Juga: Kenali Kesalahan dalam Pemakaian Pelembap, Apa Saja?

Sementara itu, jika seseorang terinfeksi Covid-19 setelah melakukan vaksinasi kedua, maka menurut Adininggar tidak perlu lagi melakukan vaksinasi ulang. Alasannya, karena selain sudah mendapatkan vaksin lengkap, yang bersangkutan juga sudah mendapatkan antibodi alami saat terinfeksi Covid-19. "Jika sudah vaksinasi lengkap, sudah tidak perlu vaksin ulang, karena sudah ada tambahan antibodi dari sakitnya," paparnya.

 

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Lebih 50 Persen Penyintas Mengalami Long Covid-19, Apa Penyebabnya?

Di Indonesia 70 persen dari para penyintas Covid-19 alami gejala long Covid-19.

Kombinasi Gagal Ginjal dan Stroke Seperti Oddie Agam, Picu Kefatalan?

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, musikus senior Oddie Agam bukan hanya menderita stroke, tetapi juga terkena komplikasi, termasuk sakit ginjal.

Serem! Pria Ini Diganggu Makhluk Halus Hingga Terjungkal dan Terseret

Seorang pria yang tengah melakukan pemanasan sebelum berolahraga dikagetkan dengan alat kebugaran yang bergerak sendiri.

Duh! Pemotor Nekat Lewat Proyek Perbaikan Jalan, Alasannya Tak Terduga

Meski dalam perbaikan, pengendara ini nekat melewati jalan gegara alasan yang tak diduga.

Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya

Karena banyak yang tidak tahu caranya, tak sedikit orang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan panci gosong.

Dorce Gamalama Alami Sakit Dada Sebelah Kanan, Kenali 7 Penyebabnya!

Sakit dada sebelah kanan seperti yang dialami Dorce Gamalama bisa berkaitan dengan sejumlah penyakit, salah satunya serangan jantung.

Luka Psikologis Aborsi Juga Dirasakan Pria, Ini Dampaknya

Namun, luka psikologis setelah aborsi  pada pihak pria wujudnya berbeda.

Viral Bocah Joget di Atas Genting Demi Konten, Endingnya Bikin Miris

Seorang bocah mengalami kejadian tak terduga saat berjoget di atas genting untuk membuat video konten.

Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

Ada sejumlah kebiasaan makan yang dapat membantu Anda melawan peradangan.

Doa Agar Hubungan Rumah Tangga Langgeng dan Harmonis

Berikut ini terdapat doa agar hubungan berumah tangga tetap langgeng dan harmonis menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya.

Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular.

Viral! Pria Buang Ratusan Telur ke Sungai, Gegara Harga Anjlok?

Aksi seorang pria yang membuang ratusan telur ke sungai di tengah harga telur yang merosot menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial.

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.