SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. JIBI/SOLOPOS/affsuzukicup.com

KUALA LUMPUR—Indonesia memperbesar peluangnya lolos ke fase semifinal Piala AFF 2012 setelah mengalahkan Singapura 1-0 pada laga penyisihan kedua Grup B di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (28/11/2012) petang WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski begitu, hasil ini belum membuat Indonesia sepenuhnya aman. Indonesia masih bisa tergelincir dan pulang secara prematur dari ajang dua tahunan di kawasan Asia Tenggara itu.

Tambahan tiga poin dari Singapura memang membawa Garuda, julukan Indonesia, memuncaki klasemen sementara Grup B. Namun, di sisi lain, rival abadi Indonesia, Malaysia, juga menunjukkan kebangkitannya dengan menumbangkan Laos 4-1.

Berkat kemenangan telak kontra Laos, Malaysia kini naik ke posisi tiga. Harimau Malaya, julukan Malaysia, kini mengantongi tiga poin, sama dengan torehan Singapura di posisi kedua.

Kondisi ini membuat setiap tim di Grup B masih memiliki peluang lolos ke babak semifinal. Lantas bagaimana peluang Indonesia?

Kepastian Indonesia lolos dari fase grup akan ditentukkan di laga terakhir Grup B kontra juara bertahan sekaligus tuan rumah Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (1/12/2012).

Indonesia bisa lolos asalkan mampu menahan seri Malaysia. Namun, jika kalah, maka Indonesia tinggal berharap pada hasil laga lainnya, di mana Laos mampu mengalahkan Singapura. Namun, itu pun dengan catatan Laos mampu menang dengan agregat gol lebih kecil dari Indonesia.

Di sisi lain, Malaysia bisa lolos asalkan mampu mengalahkan Indonesia. Skenario lainnya, Harimau Malaya mampu menahan imbang Indonesia, sementara Laos mengalahkan Singapura.

Sedang, Singapura merebut tiket semifinal asalkan di laga terakhir kontra Laos bisa meraih kemenangan atau bermain imbang. Sementara, bagi Laos tak ada kata lain untuk lolos ke empat besar selain meraih kemenangan atas Singapura. Itu pun dengan catatan kemenangan dicapai dengan jumlah gol besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya