SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyinggung parahnya pencemaran udara di DKI Jakarta. Hal itu dilontarkan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat menanggapi pertanyaan wartawan soal ada tidaknya portofolio untuk susunan kabinet di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode kedua.

Menurut Hasto portofolio dari PDIP akan berdasarkan pada konsep Trisakti agar Indonesia semakin berdaulat dan berkebudayaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ini contohnya dalam sumber daya air, menjaga lingkungan. Misalnya Jakarta gelap karena pencemaran ini bagaimana kita sikapi menjadi bagian dari program kerja Pak Jokowi menata lingkungan,” ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Menurut data AirVisual per 1 Agustus, indeks kualitas udara (US Air Quality Index/AQI) Jakarta pada pukul 07.00 WIB berada di angka 152. Angka tersebut menunjukkan kualitas udara di Jakarta dalam kategori tidak sehat (151-200) dengan kandungan polusi PM2.5 sebesar 57,8 mikrogram/m³.

Menurut Hasto, ada pertimbangan strategis yang dimiliki PDIP sebelum menyampaikan portofolio kabinet baru kepada Jokowi. Dia meyakinkan portofolio dari partainya tidak berfokus pada jumlah kursi menteri atau kepala lembaga untuk PDIP.

Hasto juga menekankan, harusnya tak ada tekanan yang diberikan partai politik kepada Jokowi dalam penyusunan kabinet baru. Hasto mengingatkan bahwa Jokowi selaku Presiden punya hak prerogatif dalam menentukan kabinetnya.

“Presiden tetep berdaulat dan itu juga ditunjukkan oleh Ibu Megawati saat itu, beliau menyusun kabinet dengan diam, dengan sunyi tapi bisa dihasilkan sosok-sosok berkaliber nasional dan internasional,” ujar Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya