SOLOPOS.COM - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat membuka Porprov VII Jatim di Jember, Sabtu (25/6/2022) malam. (Istimewa/Pemprov Jatim)

Solopos.com, JEMBER — Sebanyak 14.486 peserta mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022. Ribuan atlet tersebut akan berlaga dalam 47 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Porprov VII Jatim pada tahun ini digelar di empat kabupaten, yakni Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang. Kompetisi olahraga terbesar di Jatim itu dibuka secara resmi oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Jember Sprot Garden, Sabtu (25/6/2022) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua KONI Jawa Timur, M. Nabil, mengatakan Porprov VII Jatim 2022 digelar mulai 25 Juni hingga 3 Juli 2022. Dalam gelaran ini ada 47 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Untuk jumlah peserta, kata dia, total ada sebanyak 14.486 orang. Jumlah itu terdiri dari 10.151 atlet, 823 ofisial tim, dan 3.512 ofisial cabang olahraga.

Baca Juga: 160 Atlet dari Kota Madiun Berlaga di Porprov Jatim 2022

“Ini rekor di Indonesia. Lebih besar dari PON sejak awal sampai Papua. Jatim memang luar biasa,” kata dia yang dikutip dari siaran resmi.

Dengan mengambil tema Dari Jawa Timur untuk Indonesia Menuju Prestasi Dunia, Nabil berharap gelaran Porprov ini bisa menjadi ajang untuk memunculkan bibit baru yang memiliki prestasi internasional.

“Terbukti atlet kita yang ikut Porprov kali ini dari Pacitan meraih gelar juara dunia angkat besi. Pelan tapi pasti kita mengarah ke juara nasional sampai dunia,” kata dia.

Baca Juga: Terbukti Bersalah! Eks. Pejabat PDAM Kota Madiun Divonis 18 Bulan Bui

Smeentara itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa, mengatakan ajang Porprov ini merupakan agenda penting dalam rangka mencetak atlet berprestasi baik secara nasional maupun dunia. Dia optimistis Porprov akan menjadi ajang pembibitan atlet muda Jatim di 47 cabang olahraga.

Menurutnya, kegiatan ini juga berkontribusi membangun suasana sportivitas di antara para atlet dan semangat atau tanpa ada sekat di antara suku yang berbeda satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya