SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Dua event besar yang digelar di Solo saat ini cukup berdampak pada akupansi hotel di Solo dan sekitarnya, Sabtu (20/10). Sejumlah hotel mengaku mendapatkan pesanan kamar cukup banyak dari para tamu yang datang ke Solo.

Diketahui pada Jumat (19/10/2018) hingga Kamis (25/10/2018) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah (Jateng) XV 2018 digelar di Solo. Pesta olahraga tersebut diikuti sekitar 6.334 atlet dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Sementara itu, Apel Akbar Santri Nusantara 2018 dihelat di Benteng Vastenburg, Solo, Sabtu (20/10/2018), yang diikuti puluhan ribu orang . 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kedatangan para atlet maupun tamu dari luar daerah untuk keperluan kegiatan tersebut ternyata membawa dampak positif bagi bisnis perhotelan.

General Manager Favehotel Solo, Ika Florentina, mengatakan hampir semua hotel bintang 2 full terpesan untuk acara tersebut. “Baik di Favehotel Adi Sucipto maupun Favehotel Solo Baru, full sampai dengan 25 Oktober,” kata dia kepada , Sabtu lalu.

Dia mengatakan selama 21-25 Oktober 2018 okupansi mencapai lebih dari 90%. Sedangkan dari total tamu yang memesan kamar, sekitar 80% merupakan tamu Porprov Jateng. “Sisanya merupakan tamu reguler, sebab kami plot juga untuk repeater kami,” lanjut dia.

Best Western Premier Solo Baru juga mendapatkan dampak positif dari beberapa kegiatan yang digelar di Solo.

“Terkait penyelenggaraan Porprov Jateng ke okupansi hotel memang cukup berdampak. Memang dampak itu lebih ke hotel bintang 2 dan 3 yang full okupansi. Tapi kebetulan juga pembukaan porprov hampir bersamaan dengan event Apel Akbar Santri Nusantara di Solo. Jadi hingga Minggu Best Western Premier juga full,” kata Marcom Manager Best Western Premier Solo Baru, Denish Ardhaneswara, Sabtu.

Menurutnya tamu yang hadir merupakan kalangan group goverment, universitas, maupun corporate.

Sementara itu di Hotel Syariah, untuk pemesanan kamar dari 19-25 Oktober didominasi dari tamu Porprov Jateng. Meskipun ada juga tamu dari grup lain.

“Dari total kamar 360 kamar, ada lebih dari 200 kamar untuk tamu porprov,” kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya