SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Para atlet yang akan dikirim ke Porprov XI Sleman, 23-29 Oktober, siap membawa pulang 31 emas dari 30 cabang olahraga yang diikuti. Meski harus besaing dengan empat kabupaten/kota lainnya, pengurus KONI Kulonprogo optimistis target tersebut tercapai.
   
Jaka Triyana, salah seorang pengurus KONI Kulonprogo bidang judo menjelaskan, dari 35 cabang olah raga yang dipertandingkan dalam Porprov XI mendatang, pihaknya hanya mengikuti 30 cabang olah raga. Beberapa cabang olah raga, seperti dansa, golf, hoki dan sepatu roda, absen karena tidak ada atlet yang mengikutinya.
   
Disinggung soal target perolehan medali, Jaka menjelaskan, KONI menargetkan sebanyak 31 medali emas, 38 medali perak dan 54 medali perunggu dari seluruh 298 medali emas yang diperebutkan. “Itu targetnya. Namun, yang pasti KONI ingin pencapaian medali tahun ini lebih banyak dari Porprov sebelumnya,” ungkap dia.
   
Dalam Porprov di Sleman mendatang, jelas Isna Rahmadi staf administrasi KONI Kulonprogo, masih mengandalkan cabang-cabang seperti panahan, gulat, panjat tebing, taekwondo dan karate. Semua cabang olahraga tersebut, diharapkan bisa merebut medali emas. “Selain itu, cabang-cabang yang baru ikut di Porprov nanti, seperti cabang judo, anggar, futsal, biliar dan angkat berat, juga diharapkan bisa menambah nilai bagi Kulonprogo,” tandas Rahmadi.
   
Untuk mencapai hasil maksimal, kata Jaka, sejak beberapa hari lalu KONI Kulonprogo memonitoring sejumlah training center (TC) para atlet. Selain memonitor kesiapan para atlet berlatih, hal itu dilakukan untuk memberi motivasi bagi atlet agar gigih berlatih.
   
“KONI juga memberi arahan dan motivasi agar seluruh atlet di TC bisa berlatih dengan baik,” pungkasnya.

Mengintip kekuatan Kulonprogo:
Target perolehan medali Porprov 2011
Emas          31 medali                                             
Perak         38 medali         
Perunggu    54 medali

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

                          
Perolehan medali pada Porprov 2009
Emas         26 medali             
Perak         39 medali            
Perunggu    61 medali

Jumlah cabor yang diikuti: 30
Jumlah atlet yang diturunkan: 515 orang
Cabor yang tidak diikuti:  dansa, golf, hoki dan sepatu roda
Cabor andalan:  panahan, gulat, panjat tebing, taekwondo dan karate
Cabor potensil:  judo, anggar, futsal, biliar dan angkat berat

(Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya