SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULPekan Olahraga Daerah (Porda) XII DIY yang berlangsung di Gunungkidul secara resmi ditutup di GOR Siyono, Selasa (29/10/2013). Kontingen tuan rumah harus berpuas diri menjadi juru kunci dalam gelaran Porda XII setelah hanya mampu mengumpulkan 15 emas, 26 perak dan 67 perunggu.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gunungkidul Sumarno mengatakan, secara prestasi memang belum bisa mengungguli Kulonprogo. Namun secara perolehan medali Gunungkidul telah mengalami peningkatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Perolehan emas melampaui target kami semula yakni 10 emas. Atlet-atlet sudah berjuang dengan maksimal. Perolehan emas pun meningkat dibandingkan Porda 2011 di Sleman. Waktu itu kami hanya mengumpulkan lima emas,” papar dia kepada Harian Jogja  Selasa (29/10/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Cabang olahraga yang menyelamatkan muka Gunungkidul yakni atletik dengan menyumbang tujuh emas, lima perak dan tiga perunggu. Pelatih atletik Gunungkidul Tupar mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak asuhnya.

“Ke depan akan kami lengkapi prestasi di nomor jarak pendek dan lompat serta lempar. Selama ini kami memang kalah start dengan daerah lain. Kami juga baru fokus pada jarak menengah dan jauh,” tutur dia.

Sementara itu, Kontingen Jogja mamu mewujudkan slogan yang selalu digembar-gemborkan yakni “Mari Bung Rebut Kembali”. Jogja sukses merebut kembali gelar juara umum yang sempat melayang ke tangan Sleman.

“Ini tidak kami dapat begitu saja. Ini kami dapat dengan kerja keras dan persiapan panjang seperti Puslatkot. Kami bangga dengan prestasi ini,” tutur Ketua KONI Jogja Iriantoko Cahyo Dumadi.

Jogja mengumpulkan 156 emas, 116 perak serta 140 perunggu. Sementara juara Porda XI Sleman hanya mampu mengekor di peringkat kedua dengan 112 emas, 138 perak dan 120 perunggu. Bantul menempel di peringkat ketiga dengan 19 emas, 27 perak dan 63 perunggu diikuti Kulonprogo dengan 15 emas, 26 perak dan 67 perunggu.

Ketua Umum KONI DIY GBPH Prabukusumo mengatakan akan melakukan evaluasi secara mendetail mengenai pelaksanaan Porda kali ini. KONI DIY juga akan melihat atlet secara seksama utuk dipilih menjadi atlet Pekan Olahraga Nasional.

“Tahun depan sudah mulai Pelatda. Kami juga mengimbau setiap cabo untuk menambah nomor yang dipertandingkan pada Porda Kulonprogo sehingga semakin banyak pilihan atlet yang bisa dikirim ke PON,” tutur dia.

KLASEMEN AKHIR
KONTINGEN    EMAS    PERAK    PERUNGGU
Kota        156     116     140
Sleman        122     138     120
Bantul        109     114     136
Kulonprogo    19     27     63
Gunungkidul    15     26     67

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya