Tutup Iklan

Porang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

Mengingat tak sedikit petani merasakan manfaat ekonomi porang, tak heran tanaman ini pun naik daun.

 Ilustrasi porang (Litbang Kementan)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi porang (Litbang Kementan)

Solopos.com, SOLO–Porang tak hanya memberi dampak ekonomi bagi petani, melainkan juga memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Termasuk jenis tanaman yang masuk dalam klasifikasi umbi-umbian dengan nama marga Amorphophallus.

Mengingat tak sedikit petani merasakan manfaat ekonomi porang, tak heran tanaman ini pun naik daun. Berkat kandungan glukomanan pada umbinya, kegunaan porang lebih banyak dikenal untuk bahan makanan seperti tepung, konnyaku, jelly, mie, gelatin dan keripik. Namun tidak hanya itu, porang ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat porang seperti dikutip dari petanidigital.id dan Bisnis.com, Kamis (19/8/2021):

1. Mencegah Penyakit Jantung

Tidak disangka tanaman porang memiliki manfaat untuk menjaga jantung tetap sehat. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi porang secara berkala terutama bagi Anda yang memiliki permasalahan pada jantung. Selain itu, porang juga berkhasiat melancarkan peredaran darah sekaligus mengusir kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan memiliki sirkulasi darah yang lancar maka Anda akan terhindar dari resiko penyumbatan pembuluh darah.

Baca Juga: Sisca Kohl Pamer Jual Roti Rp1 Miliar, Ditjen Pajak Ikut Komentar

2. Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat porang berikutnya adalah merawat kesehatan kulit. Permasalahan jerawat juga bisa diatasi berkat kandungan umbi tanaman porang yang mampu memerangi bakteri penyebab jerawat.

3. Menurunkan Risiko Kanker Usus

Seperti tanaman umbi-umbian pada umumnya, porang juga mengandung serat yang cukup tinggi. Tidak mengherankan apabila porang berkhasiat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat sekaligus mencegah sembelit. Dengan memiliki organ pencernaan yang bagus maka akan meminimalisir terjadinya kanker usus. Peradangan pada bagian usus juga dapat dicegah terlebih lagi porang bersifat anti-inflamasi.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan glukomanan dalam tanaman porang memiliki manfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Sebab, glukomanan dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang terlalu berlebihan. Oleh sebab itu, porang sangat cocok dijadikan makanan tambahan bagi para penderita diabetes. Cara mengkonsumsinya beragam salah satunya yaitu dicampur dengan bahan lain seperti ginseng sehingga khasiatnya akan lebih banyak.

Baca Juga: Waduh! Bekerja Shift Malam Picu Gangguan Irama Jantung

5. Mengatasi Peradangan

Setelah dilakukan penelitian oleh para ekspert, ternyata umbi tanaman porang mengandung zat anti-inflamasi. Dengan alasan itu, porang mampu mengatasi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada tubuh bagian dalam. Tidak hanya peradangan, porang ternyata juga bisa membuat luka cepat sembuh. Sebab, kandungan glukomanannya bekerja membangun sistem imun secara efektif yang berdampak pada meningkatnya kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

6. Menurunkan Berat Badan

Porang juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang diet maupun menjaga berat badan,  porang dapat dijadikan salah satu alternatif pengganti nasi. Kandungan karbohidratnya mampu memenuhi kebutuhan tubuh dan membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi porang dalam bentuk suplemen. Setiap suplemen mengandung glukomanan dari umbi tanaman porang yang sudah ditakar sesuai porsi. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka 1.200 kalori mampu dibakar.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

+ PLUS Mengenal De Tjolomadoe yang Baru Saja Merayakan HUT ke-160

Setelah mengalami revitalisasi pada 2017, kini De Tjolomadoe menjadi salah satu destinasi wisata.

Mengenal Narkoba Jenis LSD Seperti Dipakai Jeff Smith

Bukan hanya Jeff Smith, anggota boyband Ikon, Kim Han Bin atau B.I., juga pernah tersandung narkoba jenis LSD ini.

Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa yang bisa dibaca ketika menjenguk orang sakit menurut Islam, dilengkapi latin dan juga artinya.

Manfaat Lain Buah Jeruk untuk Deteksi Kanker, Begini Caranya

Seorang mahasiswa telah mengembangkan teknik deteksi kanker yang terbuat dari jus jeruk.

Melihat Gunung Meletus di Mimpi? Ini Artinya

Bagi Anda yang pernah mengalami mimpi gunung meletus tentu akan merasa penasaran.

Viral Kucing Selamat dari Erupsi Gunung Semeru, Warganet: Punya 9 Nyawa

Video yang memperlihatkan seekor kucing berwarna putih selamat dari erupsi Gunung Semeru itu hingga Rabu (8/12/2021) menuai 3.742 komentar

Kemenkes Tegaskan Varian Omicron Belum Masuk Indonesia

Kemenkes belum mendeteksi varian omricon masuk ke Indonesia.

WHO Sebut Vaksin Covid-19 Bisa Lindungi dari Varian Omicron

WHO menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 mampu membentuk kekebalan tubuh untuk melindungi dari infeksi virus varian Omicron.

Ide Kado untuk Hari Ibu: Murah, Sederhana Tapi Mengesankan

Berikut ini terdapat rekomendasi ide kado atau hadiah yang murah, sederhana tapi mengesankan di momen Hari Ibu tanggal 22 Desember 2021 mendatang.

Doa Supaya Tidak Mudah Lupa dan Kuat Ingatan dalam Islam

Berikut ini terdapat doa supaya tidak mudah lupa dan kuat dalam ingatan menurut ajaran Islam. Dibaca setelah salat wajib 5 waktu ya!

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?

Bagaimana sih cara mengatasi nyeri lutut yang dialami oleh seseorang, apakah diperbolehkan dipijat? Yuk cari tahu di sini!

Punya Rekan Kerja Toxic? Jangan Buru-Buru Resign, Lakukan Ini Dulu

Nah, agar kamu terhindar dari dampak buruk akibat memiliki rekan kerja yang toxic, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.

Berikut Ini Manfaat Peanut Ball Untuk Proses Persalinan

Manfaat peanut ball untuk proses persalinan ibu hamil bisa jadi belum begitu familier di Indonesia.

Lakukan Ini Setelah Mengalami Kekerasan Seksual

Ketahui langkah apa saja yang harus Anda lakukan setelah mengalami kekerasan seksual.

5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Cocok untuk Bulan Madu

Di masa pandemi, melakukan bulan madu tak perlu pergi ke luar negeri, karena banyak tempat wisata di Indonesia tak kalah keren.

Ini Syarat Mendapatkan Vaksin Booster Gratis dari Pemerintah

Ada sejumlah syarat untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19 gratis dari pemerintah.