SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja)

JOGJA —Gadget-gadget baru dan canggih kini makin mengusik produk Information Technology (IT) lainnya. Kepopuleran MP3 dan MP4 sebagai penyedia layanan hiburan musik semakin tergerus oleh hadirnya tablet, smartphone dan perangkat IT lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“MP3 dan MP4 semakin anjlok di pasaran. Saat pameran beberapa waktu lalu di Jogja Expo Center sangat terasa sekali dampaknya,” ujar Akhe Willy Deriyoni dari Alnect Computer ditemui Harian Jogja, Kamis (13/12/2012).

Willy mengatakan saat pameran biasanya toko aksesoris komputer ini bisa menjual lebih dari 100 unit mp3 dan mp4 di hari pertama pameran. Namun, tahun ini ternyata penjualan harus anjlok hingga lebih dari 50%.

Ekspedisi Mudik 2024

“Bulan ini harus diakui kalah dari Ipad. Meski didongkrak dengan desain baru atau kapasitasnya ditambah, tetap masih kalah saing dengan Ipad atau tablet,” tambah dia.

Sementara Susi Susetyowati salah satu karyawan Amarta Komputer jalan Sorowajan Baru ini mengatakan secara harga, mp3 dan mp4 tak lagi kompetitif. Harganya semakin anjlok di pasaran, rata-rata harganya berkisar mulai dari Rp25.000.

“Dulu mp3 dan mp4 harganya bisa di atas Rp100.000, sekarang sangat jatuh. Bulan lalu saja Rp30.000, sekarang malah Rp25.000 sudah dapat mp3,” keluh Susi.

Kemajuan teknologi juga semakin beragam. Setelah tablet, ipad dan fitur ponsel yang semakin menarik, Speaker Box dinilai juga turut menjadi pesaing baru mp3 dan mp4. Willy mengatakan hadirnya pemain baru juga sedikit berdampak pada penjualan mp3 dan mp4. Hadirnya Speaker Box yang lebih multi fungsi dan lebih universal juga turut menurunkan citra mp3 dan mp4.

“Speaker box lebih universal, karena selain dilengkapi dengan speaker, ada juga USB nya, jadi tinggal dikoneksikan flash disk, sudah bisa play musik. Selain speaker yang bisa didengar secara luas, bisa juga menggunakan ponsel,” lanjutnya.

Meski penjualan menurun, peminat mp3 tidak pernah surut. Anis Intan Sari dari Easy Com ruko Nologaten mengatakan peminat mp3 dan mp4 masih cukup banyak. Kepraktisan mp3 dan mp4 masih menjadi andalan pecinta gadget. Sementara peminat mp4 masih belum banyak. Harga mp4 yang masih cukup tinggi, dinilai membuat peminat produk ini tidak banyak, mulai dari Rp175.000 sampai Rp215.000.

“Karena umumnya meski sekarang banyak yang memiliki tablet dan handphone yang dilengkapi dengan musik, konsumen mp3 dan mp4 tidak surut begitu saja. Mereka masih mengandalkan mp3 untuk menikmati musik tanpa dibatasi oleh kapasitas batere,” sambung Anis.

Grafis harga

Mp3 Votre 2G : Rp29.000
Mp3 Sony 4G : Rp695.000

Mp4 Samdisk 8G : Rp235.000

Speaker Box : Rp59.000 – Rp295.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya