SOLOPOS.COM - Peta kawasan Simpang Lima Kota Semarang. (JIBI/Semarangpos.com/istimewa)

Popnas XIV 2017 yang diselenggarakan di Jateng bakal membuat akses ke Simpang Lima Kota Semarang ditutup.

Semarangpos.com, SEMARANG Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 yang diselenggarakan di Jawa Tengah (Jateng) akan dimulai Selasa (12/9/2017). Pembukaan pesta olahraga multievent khusus pelajar Indonesia itu ditandai dengan seremonial di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang mulai pukul 19.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembukaan Popnas XIV 2017 tersebut direncanakan akan dilakukan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Ketua Umum Panitia Pelaksana Popnas XIV 2017 Jateng, Sri Puryono, menegaskan pergelaran nasional yang mempertandingkan 21 cabang olahraga ditambah empat cabang olahraga eksebisi tersebut sudah siap dilaksanakan. Saat ini, sebagian besar peserta dari seluruh provinsi di Indonesia telah hadir di Semarang dan siap bertanding.

Sri Puryono yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah memaparkan, untuk upacara pembukaan, akan dikemas meriah. Ada perpaduan pertunjukan seni dan budaya, serta berbagai atraksi menarik yang akan menghibur seluruh kontingen serta masyarakat umum.

Panitia antara lain mendatangkan penyanyi papan atas Judika serta band d’Masiv, hingga komika Dodit Mulyadi. Penampilan mereka akan dipandu oleh pembawa acara Indra Bekti dan Puteri Indonesia 2015 asal Semarang, Anindya Kusuma Puteri.

Kontingen juga akan dihibur paduan suara SMAN 1 Semarang, tari kolosal dan rancak perkusi oleh 300 siswa dan siswi SMKN 8 Solo. Tak ketinggalan drum corps Cendrawasih Akademi Kepolisian akan beraksi mengiringi defile kontingen peserta.

“Tidak kalah menarik adalah atraksi mendebarkan penyalaan api kaldron yang menandai dibukanya Popnas XIV 2017 di Jawa Tengah. Seperti apa prosesinya, silakan hadir di Simpang Lima,” tegas Sri Puryono sebagaimana dikutip Tim Humas Popnas Jateng dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Minggu.

Untuk lancarnya acara, panpel menurut dia, telah meminta instansi terkait untuk melakukan penutupan akses atau jalan masuk menuju kawasan Simpang Lima pada Selasa mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Ketua Harian Panpel Popnas XIV/2017 Jateng, Urip Sihabudin mengatakan, akses menuju Simpang Lima yang ditutup adalah dari arah barat  (Jl. Pandanaran) yang ditutup mulai dari persimpangan Jl. M.H. Thamrin (depan KFC), serta dari arah timur (Jl. A. Yani) ditutup mulai dari persimpangan Jl. Ki Mangunsarkoro (depan Kantor Kesbangpol Prov. Jateng). Lalu dari arah selatan ditutup mulai dari persimpangan Jl. Veteran (depan Mapolda).

“Agar terhindar dari kemacetan dimohon masyarakat untuk menghindari ruas-ruas jalan tersebut dan menggunakan ruas jalan lain. Pengaturan lalu lintas akan dilakukan secara situasional oleh petugas terkait dari dari Dinas Perhubungan maupun kepolisian, mohon maaf atas ketidaknyamanan,” tandas Urip Sihabudin, yang juga Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Setelah acara pembukaan, pertandingan akan langsung digeber mulai Rabu (13/9/2017). Selain Kota Semarang, beberapa cabang olahraga dipertandingkan di luar Semarang, yakni Kendal (atletik dan voli pasir), Kabupaten Semarang (dayung, sepak bola dan senam), Grobogan (gulat), serta Solo untuk cabor panjat tebing.

Sebanyak 287 set medali diperebutkan oleh 5.800 atlet dan pelatih dari 34 provinsi di Indonesia. Popnas XIV 2017 Jateng akan ditutup 20 September dengan upacara penutupan yang juga dijadwalkan berlangsung di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota  Semarang.

“Selama pelaksanaan Popnas mulai 12-20 September setiap hari akan ada berbagai hiburan serta pameran UMKM di Simpang Lima, silakan masyarakat menikmati. Kita juga mengimbau seluruh warga Jawa Tengah untuk menjadi tuan rumah yang ramah bagi para peserta Popnas dari seluruh Indonesia,” tegasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya