SOLOPOS.COM - Ilustrasi kejuaraan anggar. (JIBI/Solopos/Dok.)

Popnas XIV 2017 di Jateng disongsong sungguh-sungguh tim anggar tuan rumah meskipun hanya tampil sebagai cabang olahraga eksibisi.

Semarangpos.com, SEMARANG Para pelajar yang tergabung dalam tim anggar Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Jateng bersiap sungguh-sungguh untuk menghadapi pesta olahraga multievent khusus pelajar yang pelaksanaannya tinggal menghitung hari itu. Bahkan, meskipun cabang olahraga itu hanya tampil sebagai eksibisi..

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Menjelang Popnas XIV 2017, Senin (11/9/2017) hingga Kamis (21/9/2017) pekan depannya itu, tim anggar Jateng memoles taktik dan strategi menyerang. Ada 18 atlet anggar yang dipanggil Kepala Pelatih Heru Asriyanto untuk memperkuat tim Popnas Jateng.

Ke-13 atlet di antara mereka merupakan atlet-atlet berprestasi sesuai peringkat Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jateng dari berbagai kejuaraan, khususnya di Kejurda Semarang beberapa waktu lalu. Sementara sisanya berasal dari Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jateng yang juga diurutkan berdasarkan peringkat Ikasi Jateng.

“Kami memang tidak ditarget medali karena hanya masuk kategori eksebisi. Namun tetap saya instruksi ke atlet bisa meraih prestasi yang tertinggi dan tidak sekadar tampil saja, sehingga ada semangat untuk menang dan membanggakan Jateng,” kata Heru, Rabu (6/9/2017), sebagaimana dikutip siaran pers Tim Humas Popnas Jateng.

Dalam Kejurda Semarang yang lalu, Heru mengapresiasi permainan anak-anak asuhnya. Khususnya bagi para atlet anggar Popnas. “Anak-anak tampil sesuai dengan kelas mereka. Sebagian besar masuk tiga besar dan beberapa meraih gelar juara. Saya kira ini cukup untuk memberi pengalaman bertanding bagi mereka yang selama ini banyak berlatih di daerah, maupun kompleks GOR Jatidiri,” tambah Heru.

Sebagian besar para atlet yang tampil di Popnas nanti bertanding di tiga kategori di Kejurda Semarang 2017, yakni kadet pemula, kadet, dan yunior. Tercatat atlet anggar putra asal Surakarta Yusuf Aprilian berhasil merebut dua emas di nomor floret putra yunior dan kadet. Sementara lainnya yang didominasi atlet asal Surakarta, juga sukses merebut medali emas, seperti Dinda Dwi A. di nomor sabel putri kadet, Yulian Muhammad A. di nomor sabel putra kadet, serta Lathifa Callula R. dari Kabupaten Semarang di nomor degen putri kadet.

Pada kejurda anggar di Kota Semarang 2017, Kota Surakarta sukses merebut juara umum dengan total 13 emas, lima perak, dan sepuluh perunggu. Disusul di posisi kedua Kabupaten Kudus dengan empat emas, delapan perak, dan delapan perunggu, serta di posisi ketiga Kabupaten Semarang dengan raihan empat emas, dua perak, dan sembilan perunggu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya