SOLOPOS.COM - Dua petinju putri Popnas Jateng Nihayatul Maula (kiri) dan Aisyah Al Jupri berlatih serangan balik di Sasana Tinju Kompleks GOR Jatidiri Semarang, Senin (28/8/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Tim Popnas Jateng)

Popnas XIV yang bakal digelar di Jateng September 2017 mendatang disongsong petinju tuan rumah dengan latihan tambahan.

Semarangpos.com, SEMARANG — Para petinju Jateng terus memersiapkan diri menjelang tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV di Semarang, September 2017 mendatang. Para pelajar Jateng yang secara terpusat berlatih di Sasana Tinju Kompleks GOR Jatidiri Semarang itu digenjot tambahan latihan teknik-teknik serangan balik dari duet pelatih tinju Popnas Jateng, Agus Triyono dan Pintor Manik. Mereka dipasangkan berdua-dua sebagai bagian dari simulasi berlatih serangan balik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Latihan itu selain untuk mengasah ketajaman pukulan, juga membekali para petinju yang sering kesulitan menghadapi counter attack (serangan balik) lawan, saat bertarung di tengah ring. “Ini juga menjadi bahan evaluasi kami selama Kejurnas di NTT yang lalu. Anak-anak yang terus mendominasi pukulan, banyak yang kecolongan saat lawan melakukan counter attack,” aku Agus Triyono, Senin (28/8/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain evaluasi mengenai serangan balik  lawan, Agus juga memberi banyak trik-trik untuk menghindar dari sergapan lawan yang hendak memeluk, ataupun mengambil keuntungan saat pelukan lawan masih menyisakan celah sebelum dipisah wasit. “Petinju harus terus memberi dorongan kepada lawan, agar melepaskan pelukan. Sekaligus melihat celah ketika ada jangkauan pukulan ke arah kepala, harus berani ambil kesempatan memukul dulu,” tandas Agus sembari memberi contoh kepada para petinjunya.

Sementara itu, bagi Pintor, latihan-latihan hal-hal kecil ini akan terus diulang-ulang, agar para petinju siap saat menghadapi kondisi tak terduga seperti itu. “Saya berharap anak-anak paham, sadar, dan cepat mengantisipasi serangan lawan lewat simulasi-simulasi yang kami berikan,” imbuh Pintor sebagaimana dikutip siaran pers humas delegasi Popnas Jateng.

Pada Popnas XIV 2017 ini, tim tinju Jateng akan diperkuat enam pelajar putra dan empat pelajar putri. Mereka adalah Firas Saputra yang bakal bertanding di kelas 46 kg, Ahmad Yasid (49 kg), Malvin Javisa (52 kg), Maulana Kemal (56 kg), Muhammad Ali (60 kg), dan M Hasan Rejeki (64 kg). Sedangkan para petinju putri Popnas adalah Serly Rosiana (45 kg), Rukanah (48 kg), Aisyah Al Jupri (52 kg), dan Nihayatul Maula (56 kg).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya