SOLOPOS.COM - Para pesenam ritmik Jateng yang disiapkan tampil di Popnas 2017 saat menggelar latihan fisik di Laboratorium Prof. Soegijono FIK Unnes, Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Jateng. (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Tim Popnas Jateng)

Popnas XIV 2017 dijelang para pelajar kontingen senam Jateng dengan menjaga kelenturan dan kekuatan fisik.

Semarangpos.com, SEMARANG Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 yang sudah di depan mata membuat pelatih tim senam ritmik kontingen Jateng, Elly Puji Kusumawati, memfokuskan latihan untuk mematangkan koreografi dan penguasaan alat-alat senam.  Dalam beberapa kali latihan rutin harian, Elly juga menyisipkan program latihan fisik, guna menjaga kelenturan dan kekuatan fisik para pesenamnya.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Saya ingin para pesenam selalu dalam kondisi bugar, dengan tingkat kelincahan gerak yang selalu maksimal. Selain itu, mereka juga harus punya daya tahan tubuh yang prima, sehingga saat tampil bisa konsisten,” ujar Elly yang ditemui di Laboratorium Prof Soegijono FIK Unnes oleh redaksi siaran pers Humas Tim Popnas Jateng.

Guna merealisasikan  program latihan fisik yang telah disusun tersebut, Elly melatih dibantu dua asisten pelatih tim senam ritmik Yuni Fitriani serta Intan Oktaviana . Dua asisten pelatih ini membantu mengarahkan gerak dan pola latihan fisik keempat pesenam ritmik, yakni Zaskia Dwi Yusnita dari SMPN 5 Kota Semarang, Deby Salima dan Norika Dinda Putri Aliani dari SMAN 12 Kota Semarang, serta Happy Mulyaningsih dari SMPN 2 Cilacap.

Keempat pesenam ini diminta menirukan gerakan senam lantai, lari berjarak, dan keseimbangan badan yang diulang-ulang dengan batas waktu tertentu. “Latihan fisik ini kami kemas juga dalam permainan, agar para pesenam menikmatinya. Selain itu, latihan ini juga untuk menghindarkan tim dari kebosanan, ketika terus berlatih di dalam gedung. Jadi memang sesekali kami ajak berlatih di ruang terbuka pula,” imbuh Elly yang juga membesut tim ritmik Porprov Kota Semarang.

Dalam Popnas XIV yang bakal digelar di Jateng, September 2017 mendatang, keempat pesenam ritmik Jateng tersebut akan memainkan beragam musik dan koreografi menggunakan empat alat senam, yakni simpai, gada, bola, dan pita. Sedangkan tali, menurut siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Jumat (25/8/2017) tidak pertandingan sesuai dengan rekomendasi International Federation of Gymnastics  (IFG).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya